Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 4 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 4 September 2021

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS
Sabtu, 4 September 2021

1. Doding Haleluya No. 2:1

Puji Jahowa ale Tonduyhu, puji ma Ia Naibatamin
Paima bois ope bohalhu, sai pujionku layak-Ni in
Sitompa daging, tonduy pe, ningon ipuji do hape
Haleluya, haleluya

2. Tonggo / Doa

3. Ayat harian : 1 Timoteus 4:10

Ai do ase loja hita anjaha maruntol, halani mangarap hita bani Naibata na manggoluh in, Sipaluah bani haganup jolma, tarlobih bani na porsaya.
Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.

4. Renungan

Selaku orang Kristen tidak dapat terlepas dari kehidupan jasmani dan rohani. Secara khusus di saat pandemi covid-19 sekarang ini yang sudah terjadi kurang lebih 2 tahun. Semua orang Kristen juga melatih diri agar disiplin protocol Kesehatan 5 M. Disisi lain, kita juga harus memelihara kesehatan rohani dengan melakukan Latihan rohani melalui beribadah kepada Tuhan. berdoa dan merenungkan firman Tuhan. arti ibadah dalam arti sikap hidup kita sehari-hari sesuai dengan kehendak Tuhan.

Nas diatas adalah sebagian dari surat Penggembalaan rasul Paulus kepada anak rohaninya Timoteus. Ia memberikan dorongan serta petunjuk untuk diri pribadi Timoteus, pengurusan jemaat dan ibadat. Paulus dengan terus terang mengatakan kepada Timoteus, bahwa panggilannya menjadi pelayan Kristus menuntut penyerahan secara setia, baik dalam hidupnya pribadi maupun dalam pelayanannya terhadap sesama Kristen. Selanjutnya Timoteus harus berhati-hati baik mengkotbahkan apa yang benar dan berguna, maupun menerapkan khotbahnya itu. Hidup demikian berbuahkan keselamatan ganda, yang dinikmati baik oleh pengkotbah maupun oleh pendengar. Kemudian Paulus menganjurkan agar Timoteus juga perlu latihan jasmani agar tubuhnya sehat, tetapi ia juga harus menyibukkan diri dengan latihan Kristen yang layak dan giat. Latihannya pelayan Kristen hendaknya beribadah; atau, persembahan hidupnya untuk ibadah layak kepada Allah, sebagai tujuan utama. Faedahnya dengan hidup rohani yang benar, bukan hanya hidup jasmani. Janji Tuhan merupakan jaminan bagi setiap orang Kristen yakni beroleh kehidupan di masa kini dan dan masa yang akan datang.

Setiap Kristen adalah pelayan Kristus. Hingga saat ini amanat rasul Paulus ini juga relevan bagi kita. Berbagai kesusahan dan pergumulan hidup akibat pandemi covid-19 turut menimpa orang Kristen: di bidang ekonomi, jasmani serta kerohanian. Melalui renungan ini kita diamanatkan untuk setia berjerihpayah dan berjuang memberitakan serta melakukan kebenaran firman Tuhan. Karena kita menaruh pengharapan kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia. Keselamatan tersebut terbukti terima dalam hidup kita. Sudah 118 tahun ditengah-tengah suku Simalungun. Kita semua adalah pelayan Kristus, seharusnyalah bersukacita dalam iman dan aksi nyata, setia dan rajin dalam melatih hidup rohani. Mari mengisi hidup kita dengan pelayanan, kesaksian dan persekutuan dengan rajin, disiplin serta maksimal dan menjadi berkat bagi sesama. Amen.

5. Doding Haleluya No. 453:1

Pitah Ham Tuhan, hatundalan na toguh.
Humbai ganup paruntolon na i tanoh on
Bani haganup pardalanan, pitah Ham panjaga na gogoh
Ondos ma Tuhan hanai on nuan, ‘se torsa sadokah goluh on.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS