Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 6 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 6 September 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 6 September 2021

1. Doding Kidung Jemaat No. 424:1

Yesus menginginkan daku bersinar bagiNya
Di manapun ku berada kumengenangkanNya
Bersinar, bersinar, itulah kehendak Yesus
Bersinar, bersinar aku bersinar terus.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Epesus 5:8

Ai golap hinan do nasiam, tapi sonari lihar do nasiam ibagas Tuhan in; marparlahou ma nasiam songon anak haliharon.
Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang.

4. Renungan

Efesus 5 dengan jelas menyebutkan bahwa anak-anak Tuhan disebut sebagai anak-anak terang, yang hidupnya berbeda dengan orang lain yang tidak melakukan kehendak Tuhan. Dan memang hanya anak Tuhanlah yang melakukan kehendak Tuhan, sedangkan yang menentang Tuhan tidak mungkin disebut sebagai anak Tuhan, dan mereka ini disebut anak kegelapan. Orang percaya tentu meyakini bahwa kita bisa hidup sebagai anak terang karena Tuhan sendiri yang sudah bertindak untuk mengangkat kita dari kegelapan.

Rasul Paulus mengingatkan jemaat di Efesus mengenai keberadaan mereka sebagai anak terang agar mereka tidak mengikuti jalan kegelapan, dan mereka tidak terpengaruh oleh orang-orang di sekeliling mereka yang melakukan pekerjaan kegelapan itu. Keberadaan atau status mereka saat ini harus nyata dan menunjukkan bahwa mereka tidak lagi seperti sebelumnya yang melakukan pekerjaan kejahatan. Di dalam Tuhan, mereka tidak hanya sudah diselamatkan tetapi mereka harus menunjukkan pekerjaan keselamatan itu dengan melakukan kebaikan.

Hiduplah sebagai anak terang adalah nasehat dan sekaligus perintah Tuhan kepada kita, karena kita hidup di dunia yang penuh dengan pekerjaan kegelapan. Ketika kita tidak menjalankan kebaikan, keadilan dan kebenaran maka kita akan mudah sekali jatuh kepada pekerjaan kegelapan. Karena itu kita harus berjuang untuk terus melakukan pekerjaan yang menerangi kegelapan itu agar kita tidak dikalahkan oleh kegelapan.

Saat ini kita juga menginginkan agar kita bisa hidup dalam terang Tuhan, sehingga kegelapan yang terkadang menyertai pandemi saat ini tidak menguasai hati dan pikiran kita. Ketika terang Tuhan bercahaya di dalam hati kita dan dari dalam hati kita terpancar terang itu untuk sekeliling kita maka kita akan bisa berjalan tanpa takut dan bimbang. Karena itu hiduplah dalam terang Kristus. Amin.

5. Doding Haleluya No. 342:3

Sora ni Jesus bangku on: Au do panondang in
Kawahkon lao do hombun in, ibahen sondangKin
Domma huidah o Tuhan, sondangMu na lihar
Langkahku pe totap torang, das bai ujung ni in.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS