Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 7 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 7 September 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 7 September 2021

1. Doding: Haleluya No 307:1

Bani na martonggo ahu hu Bamu o Tuhankin.
Ajar Ham ma au manjalo ganup na binere-Mu.
Mangakuhon songon Jesus bani sitaranon-Niin.
Seng rosuhku pasaudonku pitah rosuhmu Tuhan.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jakobus 5:13

Anggo adong na marsitaronon i tongah-tongah nasiam, martonggo ma ia. Anggo adong na marmalas ni uhur, idodingkon ma doding puji-pujian.
Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi.

4. Renungan

Doa adalah alat yang paling ampuh dan berkuasa dalam kehidupan kita selaku orang Kristen. Doa juga adalah bentuk komunikasi utama kita dengan Allah dan untuk menunjukkan bahwa kita benar-benar bersandar dan menyerahkan segala beban hidup kita pada-Nya. Selain itu, doa juga adalah jalan bagi kita menyatakan iman kita bahwa kita memercayai Allah yang berkuasa memberikan semua yang kita butuhkan. Ketika hidup kita dilanda kekuatiran, ketakutan, ataupun sukacita, maka respon yang paling tepat dari kita kepada Allah adalah doa untuk meminta pertolongan maupun ucapan syukur kepada-Nya. Dan salah satu keuntungan daripada doa adalah ketetapan dan ketenangan serta kestabilan hidup yang dapat diberikannya bagi kita di tengah-tengah segala situasi kondisi apapun dalam hidup ini. Nas hari ini menunjukkan tentang pentingnya doa dalam kehidupan kita. Semua orang tanpa terkecuali memerlukan untuk datang kepada Allah dengan permohonan dan permintaannya melalui doa. Elia sendiri, seorang nabi dan pemimpin besar tetap berdoa kepada Allah dengan penuh kesungguhan (Yak.5:17). Kedekatannya dengan Allah tidak serta merta membuatnya melebihi orang lain yang tidak lagi memerlukan doa. Dia tetap memerlukan untuk datang kepada Tuhan dalam doanya.

Bagaimanakah dengan kita, apakah kita sungguh-sungguh masih memerlukan doa dalam kehidupan kita? Hidup ini bagaikan naik wahana ‘roller coaster’. Ada saatnya kita mengalami hari bahagia yang mendatangkan sukacita, namun di kala lain harus juga menghadapi tekanan, pusaran puting beliung dan badai serta gelombang kehidupan. Ingatlah bahwa kapanpun itu, baik ketika hidup sedang naik ke puncak maupun terjun ke dasar, Allah selalu ingin mendengar dari kita tentang semuanya itu. Dalam situasi hidup yang sedang baik maupun buruk, Allah tetap ingin mengetahui hal itu dari kita. Di sanalah nyata bagaimana Dia sangat mengasihi kita dan ingin menjadi bagian dari setiap detil kehidupan kita. Itulah sebabnya nas hari ini mengajak kita untuk datang kepada Tuhan dalam doa tidak hanya di saat berduka atau bergumul, namun juga di saat keberhasilan ataupun sukacita. Ketika kita mengalami kehampaan, tekanan dan penderitaan, kita harus datang kepada Tuhan dalam doa untuk menyerahkan segala kekuatiran kita, karena kita tahu bahwa Ia tetap memelihara kita. Dan ketika kita mengalami sukacita dan kegembiraan maka marilah kita mengekspressikan luapan hati kita dalam bentuk nyanyian syukur dan pujian kepada Tuhan.

Keberanian iman yang besar sangatlah dibutuhkan untuk benar-benar percaya bahwa Tuhan selalu memperhatikan dan mendengar doa-doa kita. Keberanian iman yang lebih besar lagi sangat juga diperlukan untuk memercayai bahwa Dia akan menjawab doa-doa kita. Percayalah bahwa Allah selalu turut bekerja dalam hidup kita dan Dia selalu mendengar dan menjawab doa kita. Ingat dan renungkanlah bagaimana Dia telah menjawab doa-doa kita di masa lalu yang mungkin kita telah lupa akan hal itu. Tuhan kita adalah setia, maka datanglah kepada-Nya dengan hati yang terbuka dan biarkan Dia mengerjakan mujizat dalam hidupmu. Dia adalah Tuhan yang layak dan harus dipercayai. Maka berbicaralah kepada Allah hari ini. Jika sukacita melanda hatimu, pujilah Dia dengan nyanyian. Bila sedang menghadapi persoalan dan pergumulan, bawalah semua kepada-Nya dalam doa. Apapun yang terjadi, kita selalu dapat berbicara dengan Allah Tuhan kita di dalam Yesus Kristus. Amin.

5. Doding: Haleluya No. 459:1+5

O Tuhan tiap jam, au mamorluhon Ham.
Ai ham tumang na boi, pasonang uhurhin.
Bai haganup ianan, Ham do hupindahi.
Na roh do au sonari, holong ma Ham.

O Tuhan tiap jam, hupuji goran-Mu.
Ai napansing do ham, sai hot ma au Bamu
Bai haganup ianan, Ham do hupindahi.
Na roh do au sonari, holong ma Ham

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS