Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 13 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 13 September 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 13 September 2021

1. Doding Kidung Jemaat No. 40:1+4

Ajaib benar anugerah pembaru hidupku
Ku hilang, buta, bercela, olehNya kusembuh.

Kudapat janji yang teguh kuharap sabdaNya
Dan Tuhanlah perisaiku tetap selamanya

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Rom 5:5

Anjaha pangarapan ai seng paroh habadoron, ai domma iuseihon hubagas uhurta holong ni uhur ni Naibata marhitei Tonduy Na Pansing, na dob binereNi banta.
Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

4. Renungan

Hidup di dalam Tuhan adalah kehidupan yang sudah dibenarkan oleh Tuhan. Kita yang adalah manusia lemah dan berdosa, hanya bisa hidup bersama Tuhan ketika Tuhan mengangkat kita dari kelemahan kita itu. Inilah anugerah yang kita terima dari Tuhan dan patut kita mengucap syukur atasnya. Anugerah itu tentu terjadi ketika kita memberi diri kita kepada Tuhan dalam iman.

Ketika kita menjalani hidup ini di dalam Tuhan, maka kita akan melihat kemuliaan Tuhan yang membuat kita bermegah. Tidak ada kebahagiaan yang lebih besar dari suasana saat Tuhan memberi kesempatan kepada kita melihat kemuliaanNya. Tetapi rasul Paulus juga mengatakan bahwa rasa bermegah itu akan kita rasakan melalui perjalanan hidup bersama Tuhan meskipun itu kita lalui dengan cara yang tidak kita bayangkan yaitu melalui pergumulan hidup.

Di depan nas hari ini disebutkan bahwa kesengsaraan menimbulkan ketekunan, ketekunan menimbulkan tahan uji, dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Kita dapat memahami hal ini jika kita mengakui ada Tuhan yang berkarya dalam diri kita. Sering kita merasakan bahwa Tuhan tidak bersama kita ketika kita menghadapi kesengsaraan, baik itu karena penyakit, atau karena keterpurukan, atau karena kedukaan. Namun ketika kita menghadapinya bersama Tuhan maka kita akan sampai kepada kemegahan karena ada pengharapan yang kita amini.

Pengharapan kita akan kehidupan yang penuh dengan hati yang bermegah itu bukanlah harapan yang sia-sia atau mengecewakan. Tuhan sendiri yang berkarya melalui Roh Kudus sehingga kita tahu tentang pengharapan yang benar itu. Saat ini memang ada banyak harapan yang ditawarkan dunia ini terlebih pada masa yang belum pasti ini. Untuk itulah kita diminta untuk tetap hidup bersama Tuhan melalui RohNya agar kita tetap optimis dan menyakini akan keselamatan yang kita harapkan dari Tuhan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 327:1

Marpangunsandeian bani Tuhan in puji sai pasangap ma goranNi in
Monang halani hata ni Tuhan in, mangarapkon parpadanan in
Sai mangarap bani padan ni Tuhanta Jesus Kristus
Sai mangarap ma hita bai partobusanNi in

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS