Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 17 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 17 September 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 17 September 2021

1. Lagu Pujian: “Tiap Langkahku Diatur oleh Tuhan”

Tiap langkahku diatur oleh Tuhan
Dan tangan kasih-Nya memimpinku
Di tengah badai dunia menakutkan
Hatiku tetap tenang teduh
Tiap langkahku kutahu Tuhan yang pimpin
Ke tempat tinggiku dihantar-Nya
Hingga sekali nanti aku tiba
Di rumah Bapa surga yang baka

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Podah 16:9

Uhur ni jolma marpingkir-pingkir pasal dalanni, tapi Jahowa do na manontuhon langkahni.
Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi TUHANlah yang menentukan arah langkahnya.

4. Renungan

Setiap orang pasti pernah memiliki rencana. Rencana untuk melakukan sesuatu pada waktu tertentu. Maka untuk mencapai rencana itu ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Biasanya orang akan merencanakan seperti apa hidupnya pada masa yang akan datang. Ia sering mengatur langkah-langkahnya agar dapat mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Bagi sebagian akan memakai akal pikiran untuk menghitung-hitung agar tujuan dapat tercapai. Hal paling buruk, sebagian orang hanya mengandalkan pikiran-pikirannya sendiri dan tidak pernah berdoa untuk itu atau tidak mau menghubungkan hidup dan masa depannya dengan Tuhan.

Setiap orang pasti berpikir, dan tentunya berpikir itu baik. Seperti filosopi yang mengatakan bahwa “Aku berpikir, maka aku ada”. Tetapi sesuai dengan pengalaman pemazmur, menyadarkan kita bahwa manusia bukanlah Tuhan, yang tahu segalanya, kita tidak tahu sedikitpun tentang jalan hidup kita, tentang apa yang terjadi pada masa depan sedetik pun. Sebab bukan kita pemilik hidup dan waktu. Ada Tuhan yang telah menentukan langkah hidup kita. Menuntun kita, namun kita harus dengan rela tunduk pada ajaran dan kehendak-Nya.

Kehendak atau keinginan manusia itu tidak selamanya sesuai dengan kehendak Tuhan. Malah yang sering terjadi sebaliknya, tidak sejalan antara kehendak seseorang dan kehendak Tuhan. Jika hal itu terjadi; apakah kita akan terus berjalan menurut keinginan dan kehendak kita? Atau kita mau tunduk dan berjalan dalam kehendak Tuhan? Pilihan ada pada kita. Jika kita memilih berjalan dengan keinganan kita maka kita akan berjalan sendiri dan akan mengandalkan pikiran dan kemampuan sendiri. Sebaliknya ketika kita berjalan sesuai dengan kehendak Tuhan, itu akan sangat menenangkan kita, mendamaikan, sehingga kita akan terus mencari jalan dan tuntunan Tuhan dalam setiap langkah kehidupan yang boleh kita lalui. Sebab pada ayat yang lain juga disebut, “Banyaklah perancangan dihati manusia tetapi keputusan tuhanlah yang terlaksana” (Amsal 19:21). Karena mesti kita letih untuk merancang perencanaan sedemikian rupa, apakah itu benar atau tidak, toh pada akhirnya kehendak Allah sajalah yang terjadi. Jika demikian alangkah indahnya jika kita lebih mau membuka hati kita untuk Tuhan dan menyerahkan setiap langkah kita hanya kepada-Nya saja. Sebab Tuhanlah pencipta dan penyelamat kita. Ia tahu yang terbaik bagi hidup kita. Biarlah setiap langkah kita berserah hanya ke dalam tuntunan Tuhan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 340:1

Huondoskon bani Jesus haganupan diringkon
Ia do pasangaponku sadokah bai goluhkon
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah, huondoskon ma

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS