Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 18 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 18 September 2021

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS
Sabtu, 18 September 2021

1. Doding Haleluya No. 12:1

O Jesus Panondang i dunia on. Mulani na torang tangar hatangkon.
Sai holong atei-Mu bai pardousa on.
Ham ma mangapohi na marhoru on.

2. Tonggo

3. Ayat harian: Lukas 6:36

Gabe paridop ni uhur ma nasiam, songon Bapa nasiam, paridop ni uhur in.
Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

4. Renungan

Jemaat Tuhan,
Salah satu keistimewaan yang dimiliki orang Kristen adalah kemampuannya untuk mengasihi orang, bahkan yang telah menyakiti hatinya sekalipun. Tetapi sayangnya tidak semua orang Kristen menyadari keistimewaan ini dan cenderung mengabaikannya. Kemampuan mengasihi orang, bahkan yang telah menyakiti hatinya tersebut adalah karakter Allah Bapa dan telah diturunkan juga kepada kita semua orang Kristen, sebagai anak-anak-Nya. Ini berarti, bahwa jika kita mengaku sebagai anak-anak dari Bapa surgawi, kita pasti bisa melakukan apa yang Bapa ingin kita lakukan sebagai anak-anak-Nya.

Memang suatu pekerjaan yang tidak mudah untuk mendoakan, memberkati dan memberikan pinjaman kepada orang yang telah berbuat jahat kepada kita. Mungkin kita mudah berkata, jangankan mendoakan, saya tidak membalas saja sudah bagus. Tetapi nas renungan ini, mengajarkan kita bahwa mengasihi musuh adalah keistimewaan yang harus kita pertahankan, karena merupakan sifat warisan dari Bapa kita. Kemurahan hati Tuhan tersebut dapat turun atas kita tanpa Dia membeda-bedakan satu sama lain. Dia menurunkan hujan tidak saja kepada orang baik tetapi juga buat orang jahat. Sebab itu perlakuan yang baik atau kemurahan hati dari kita harus diberikan kepada semua orang tanpa terkecuali.

Jemaat Tuhan,
Di bulan September, GKPS selalu merayakan Pesta Olob-olob, pesta iman dan sukacita atas kemurahan Tuhan yang telah dicurahkan kepada semua warga jemaat GKPS. Seterusnya Ia mengutus kita agar menjadi berkat melalui perbuatan baik bukan saja kepada orang yang baik kepada kita. Tetapi juga harus mau atau rela untuk melakukan kebaikan bagi mereka yang telah melukai atau memusuhi kita. Di sanalah kita sebagai anak-anak-Nya, sama seperti Bapa, kita juga memiliki kemurahan hati. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 407:4 “Tuhan Kau Gembala kami”

Kehendak-Mu kami cari,
Ingin turut maksud-Mu.
Tuhan, isi hati kami
Dengan kasihMu penuh
Tuhan Yesus, Jurus’lamat
Tak terhingga kasihMu.
Tuhan Yesus, Jurus’lamat
Tak terhingga kasihMu.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS