Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA Senin 20 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA Senin 20 September 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 20 September 2021

 

  1. Mandoding Kidung Keesaan no 510:2

Di jalanku yang berliku dihiburNya hatiku

Bila tiba pencobaan dikuatkan imanku

Jika aku kehausan dan langkahku tak tetap

Dari cadas di depanku datang air yang sedap

Dari cadas di depanku datang air yang sedap

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Heber 13 : 5

Ulang ma mata duiton parlahou nasiam, hasonangkon nasiam ma na adong; ai Ia sandiri do manghatahon: Sabonar na so tadingkononku do ho, sabonar na so paturutonku do ho.

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

 

  1. Renungan

Nasehat untuk hiudp lebih baik sebagai orang percaya dituliskan dalam surat kepada orang-orang Ibrani yang sudah merantau di banyak tempat. Mereka diminta untuk menunjukkan identitas mereka melalui kehidupan yang leih baik yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Mereka diminta untuk tidak menjadi sama dengan orang lain yang tidak beriman kepada Tuhan. Ini adalah panggilan yang juga ditujukan kepada kita.

 

Salah satu hal yang ditekankan untuk dilakukan oleh orang percaya adalah mengenai uang. Uang memang kita butuhkan dalam hidup ini karena memang dengan uang kita dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun dengan uang kita juga bisa jatuh melakukan perbuatan yang tidak baik seperti korupsi atau suap. Untuk itu maka perhatian orang percaya untuk bijaksana menggunakan uang menjadi sangat penting.

 

Kita bisa menjadi hamba uang, tetapi kita juga bisa mengendalikan uang. Kita menjadi hamba uang ketika uang yang mengatur hidup kita, uang yang menentukan hidup kita, uang yang menjadi satu-satunya kekuatan kita. Hal itu bisa saja terjadi karena kita tidak melihat ada kemungkinan lain dalan hidup kita yang bisa menolong kita menjalaninya. Untuk itulah maka kita diberi cara oleh firman Tuhan hari ini, yaitu dengan mencukupkan apa yang dalam hidup kita, sehingga kita mampu menikmati hidup ini.

 

Lalu bagaimana menjalani hidup yang kompleks ini? Tuhan telah berfirman akan menyertai, memberi apa yang dibutuhkan atau menjamin kehidupan kita. Janji ini sudah disampaikan Allah kepada Yosua, dan diingatkan kembali kepada gereja mula-mula dan sekarang kepada kita. Karena itu kita serahkan kehidupan kita kepada Tuhan, sambil kita jalani hidup ini dengan baik. Tuhan tidak akan membiarkan kita menderita atau kekurangan. Percayalah kepada janjiNya.

 

  1. Mandoding Hal no 334:1

Anggo sai holosohan ham bai goluh on , pala ham mandolei lang tuk gogohmu

Ingat pasu-pasu ni Tuhanta in, janah paruhurhon pambaenanNi in

Ulang lupa ham bai layakNi in, ganup ari sai bilangi in

Sai bilangin pambaenanNi in in ma pasu-pasu ni Tuhanta in

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS