Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 25 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 25 September 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 25 September 2021

1. Doding Haleluya No. 306:1

Huhamegahkon do in tongtong, Jesus Tuhanku rupeihu tongon
Au parsimada tinobusNiin, na pinabayu ni Tonduy in
Marmegah-megah, mandoding au, mamuji Jesus parholong in
Marmegah-megah, mandoding au, mamuji Jesus parholong in

2. Tonggo

3. Ayat harian: Rom 12:15

Marmalas ni uhur ma rap pakon na marmalas ni uhur, tangis ma pakon na tangis.
Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis.

4. Renungan

Jemaat Tuhan
Ada salah satu singkatan yakni “sms”. Kepanjangannya adalah “senang melihat orang senang”, dan “susah melihat orang susah”. Artinya adalah atas sukacita yang dialami orang lain, kita turut juga bersukacita atas berkat yang diterimanya dari Tuhan. Tetapi di saat orang lain menangis atas kesusahan yang dialaminya, kita turut “menangis” atau berduka.

Rasul Paulus menasehati orang Kristen di Roma yang terdiri dari berbagai latar belakang suku bangsa. Sebagai orang Kristen rasul Paulus memberikan amanat agar mereka semua hidup dalam kasih Tuhan. Artinya apabila ada jemaat yang menerima berkat jasmani dan rohani, kita sebagai saudara seiman mereka adalah juga turut bersukacita. Tetapi bila saudara kita ada dalam dukacita, kesusahan, maka mereka perlu diberikan pertolongan, dukungan semangat. Tentu dengan tulus ikhlas, bukan dengan pamrih atau paksaan.

Jemaat Tuhan
Melalui nas firman Tuhan ini, kita jemaat Tuhan agar saling mengasihi dalam kasih Tuhan. Di tengah keluarga, suami istri hendaklah berdoa bersama, hidup bersama dalam keadaaan sukacita. Tetapi apabila ada keadaan dukacita kiranya kita saling menguatkan, menghibur dan menopang. Dalam melaksanakan sesuatu yang baik bagi orang lain dengan tulus ikhlas, butuh perjuangan dan pengorbanan. Dengan memohon hikmat kebijaksanaan dari Tuhan serta kekuatan Roh Kudus-Nya kita pasti dapat dengan tulus ikhlas bersukacita dengan saudara kita yang bersukacita. Artinya kita tidak iri atas keberhasilan serta kesuksesan mereka. Kita berdukacita, di saat saudara kita seiman kehilangan orang yang dikasihinya, serta dalam sakit penyakit, dan lain-lain. Kita turut mendukung dalam doa agar dihibur serta dikuatkan iman pengharapan mereka. Memberikan bantuan semampu kita, tandanya kita adalah satu kesatuan dalam tubuh Kristus. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 249:1

Serikat persaudaraan berdirilah teguh!
Sempurnakan persatuan di dalam Tuhanmu
Bersama-sama majulah, dikuatkan iman,
Berdamai, bersejahtera, dengan pengasihan.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS