Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 27 September 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 27 September 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 27 September 2021

1. Doding Haleluya No. 266:1

Sai hutuju hagoluhan na pasonang au
Hugogohi lao hu surga ronsi ondos au
Abat husimbili do hata on hudingat do
Sai nunuti mangindahi hasonangan in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 2 Korint 11:30

Anggo maningon mamuji diri ahu, hagalekonkin ma hupapuji-puji.
Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku.

4. Renungan

Sesungguhnya kita menginginkan kehidupan yang baik, yang nyaman, dan sejahtera. Ya, itu adalah kerinduan kita. Namun setelah kita menjalani hidup ini, ternyata ada yang sejak kecil sudah merasakan beratnya hidup, tantangan yang selalu datang, kekurangan yang sulit diatasi. Tentu ini semua adalah gambaran kehidupan yang memang harus kita jalani.

Sebagai orang beriman kita sudah mempelajari bahwa kita terkadang juga harus hidup seperti domba di tengah-tengah serigala, atau bahkan masuk ke dalam goa singa. Namun kita juga mempelajari akan anugerah, akan kehidupan yang penuh sukacita serta berkelimpahan berkat. Tetap ada dua sisi tersebut dalam hidup kita. Kehidupan yang seperti itu harus kita hadapi selalu dengan iman agar kita mampu melihat secara positif apa yang sedang kita alami tersebut.

Rasul Paulus dalam bacaan firman hari ini, mengungkapkan bahwa dia mengalami semua hal yang kurang baik, tetapi itu semua demi Kristus. Dia menjadi lemah atau berada di pihak yang lemah karena penderitaan yang dia alami akibat sikap atau tindakan orang lain yang tidak senang dengan kehadirannya. Namun Paulus mengatakan aku bermegah atas kelemahanku, bermegah karena harus menderita demi kebaikan, demi kebenaran, demi iman kepada Kristus. Aku tidak bermegah karena kehebatan atau karena kekuasaan, karena semua itu tidak bernilai apa-apa dibanding dengan kuasa Tuhan yang melindunginya.

Firman Tuhan hari ini tentu ingin menguatkan kita agar kita tidak langsung menyerah ketika menghadapi tantangan. Kita diminta untuk melihat bahwa ketika kita berada di pihak yang dilemahkan atau disakiti, atau tidak menguntungkan, kita punya kesempatan untuk meminta kekuatan dari Tuhan. Jika kita sedang menderita hendaklah kita juga mengatakan ‘biarlah kuasa Tuhan menaungi aku’ sehingga kita tetap merasakan kuasa dan kebaikan Tuhan dalam hidup kita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 122:2

Na marhoru pe tarbahen gabe sonang uhurnin
Ai horuni in mambahen roh na mangapohi in
Sai na sonang uhurni ganup na niapoh in

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS