Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 1 Oktober 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 1 Oktober 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 1 Oktober 2021

1. Doding Haleluya No. 383:1-2 “Marhitei Diatei Tupa”

Marhitei diatei tupa roh do au Tuhan
Mamboban buah ni horja na binereMu
Jesus, Jesus, jalo Ham ma au
Bai hurangni panurdukhu anju Ham ma au

Ge buei na dob hujalo pasu-pasu-Mu
tapi hurang do hubahen, malas uhur-Mu
Jesus, Jesus, jalo Ham ma au
bai hurangni panurdukku, anju Ham ma au

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Tessalonika 5:18

Martarima kasih pasal haganup, ai in do na pinindo ni Naibata humbani nasiam marhitei Kristus Jesus.
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

4. Renungan

Bagaimana hati yang bersyukur? Apakah mungkin mengucap syukur dalam segala keadaan? Ada banyak situasi yang membuat kita sungguh lelah dan terpuruk, misalnya: dukacita, kegagalan, sakit penyakit yang tidak kunjung sembuh, kehilangan pekerjaan dan lainnya. Bagaimana mungkin kita bisa bersyukur ketika menghadapi badai yang demikian.

Namun nas ini mengajarkan kita yakni dengan tetap fokus pada kebenaran yang Tuhan ungkapkan, “dalam segala hal”. Bersyukur adalah pernyataan dari akal pikiran kita. Dalam arti bahwa akal sehat kita yang mengambil keputusan untuk bersyukur. Ini sangat besar pengaruhnya bagi kita, karena ketika dibandingkan pada sikap yang tidak mau bersyukur, tentu ini akan menjadi hal sulit. Sikap dan keputusan untuk bersyukur itu ada dalam setiap pribadi, dan itu dapat mengubah sikap dan perasaan seseorang yang tidak memiliki pengharapan. Maka memiliki hati yang senantiasa bersyukur adalah selayaknya dimiliki oleh orang percaya. Alasan bersyukur kepada Tuhan, adalah karena Tuhan adalah Tuhan. Semuanya ada dalam kendali-Nya. Meski di tengah badai kita dapat mengatakan, “Ya Allah, Engkau adalah Allah yang mengatasi badai ini dan aku akan mengarahkan pandanganku hanya kepada-Mu agar aku dapat menyaksikan bagaimana Engkau memulihkan dan menyelamatkanku”. Tentu pernyataan ini menguatkan kita.

Bersyukur berarti kita mengarahkan diri secara total dan seutuhnya fokus pada kekuatan Tuhan yang penuh hikmat dan maha tahu. Sebab Ia tahu setiap jalan keluar yang kita butuhkan dan mungkin tidak selalu sama seperti yang kita inginkan. Sebab Tuhan tahu yang terbaik bagi kita, melebihi kita. Ia mau kita selalu bersyukur bagi-Nya, membesarkan serta memuliakan nama-Nya tidak hanya ketika kita dalam keadaan bersukacita, ketita tidak ada masalah atau pergumulan. Tetapi Ia meminta kita senantiasa dan dalam segala hal, mengingat dan percaya kepada-Nya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 406:1 “Hatahononta Diatei Tupa Ma”

Hatahononta diatei tupa ma, ai Negaranta tanoh na lambut
Laut bolag dologni pe ratah, talun jenges ampar do haganup
In haganupan pasu-pasu-Ni, simada kuasa Tuhan Naibata
In haganupan pasu-pasu-Ni, simada kuasa Tuhan Naibata

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS