Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 4 Oktober 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 4 Oktober 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 4 Oktober 2021

 

  1. Mandoding Hal no 254:1

Tong do pangajaman Tuhan Jesus in

Ai domma iporsan ganup dousa in

Hata ge dameiNi hagoluhan ni

Ganup na porsaya bai HataNi in

Hata ge dameiNi hagoluhan ni

Ganup na porsaya bai HataNi in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Johannes 6 : 47

Na tongon tumang do na huhatahon on bani nasiam: Barang ise na porsaya, parrupei do ia bani hagoluhan sisadokah ni dokahni.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal.

 

  1. Renungan

Ada satu hal yang dapat kita lihat dalam tulisan Yohanes tentang penerimaan orang Yahudi kepada Tuhan Yesus yaitu mengenai kepercayaan. Di satu sisi orang Yahudi ramai atau berbondong-bondong ingin bertemu dengan Tuhan Yesus, mendengar pengajaranNya dan menerima makanan yang disiapkan oleh Tuhan Yesus. Namun di sisi lain kita melihat bahwa sebagian orang Yahudi justru tidak menerima Yesus dan akhirnya membuat perlawanan kepada Yesus. Mereka dari komunitas yang sama tetapi berbeda cara penerimaan kepadaNya.

 

Hal ini juga dapat kita amati di masa sekarang ini. Dalam satu komunitas gereja yang sama-sama diberikati oleh Tuhan tetapi berbeda cara mengimplementasikan imannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ada juga yang sama sekali tidak percaya akan kuasa Tuhan meskipun mengaku sebagai pengikut Kristus.

 

Dalam Yohanes 6 ini digambarkan tentang yang menghambat orang untuk percaya kepada Yesus, yaitu ketika kita melihat Yesus dari kacamata, sudut pandang yang memakai kriteria atau ukuran kita. Sebelum bacaan kita disebutkan bahwa ada orang Yahudi yang menyebut tentang Yesus yang mereka kenal bersama dengan orangtuanya. Sehingga mereka langsung buat penilaian tentang siapa Yesus dari sisi itu. Padahal Tuhan Yesus sudah mengatakan tentang hubunganNya dengan Bapa.

 

Kita percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, karena itu yang diharapkan dari kita adalah percaya kepadaNya. Dunia ini memberi banyak pandangan dan teori kepada kita tentang Yesus juga. Tetapi firman ini mau menegaskan kepada kita bahwa percaya kepadaNya akan membawa kita kepada kehidupan yang kekal. Ini adalah jaminan yang diberikan kepada kita, sehingga kita tidak lagi perlu ragu atau bimbang akan status kita sebagai orang percaya, dan kita harus meyakini bahwa hanya satu yang bisa memberi kehidupan kepada kita yaitu Tuhan Yesus.

 

  1. Mandoding Hal no 372:4

Bere goluhmu bai Jesus ai podas do salpu in

Sai pasiat Tuhan Jesus bai uhur na loja in

Sai pasiat Tuhan Jesus das hubagas uhurmin

Nuan ari paridopan ulang sompat salpu in

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS