Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 9 Oktober 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 9 Oktober 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 9 Oktober 2021

1. Doding Haleluya No. 250:1

Haholongan na mapansing, humbai Jesus Tuhankin
Sai sogopi, sai masuki, uhur ampa tonduyhin.

2. Tonggo

3. Ayat harian: Rom 8:37

Tapi ibagas haganupan ai monang do hita halani na mangkaholongi hita ai.
Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

4. Renungan

Jemaat Tuhan,
Dalam setiap pertandingan maupun perlombaan pasti ada orang/tim yang menang atau kalah. Misalnya, di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX yang saat ini dilaksanakan di provinsi Papua bisa saja berubah-ubah. Tim yang menang pasti akan merayakan kemenangan dengan gembira. Sedangkan yang kalah pasti menangis, kecewa dan menyesal. Dalam penyesalan itu akan tumbuh usaha agar pada event berikutnya dapat menang. Bagaimanakah kalau orang yang percaya kepada Tuhan dalam pertandingan ilahi? Posisi menang atau kalah?

Paulus dengan tegas mengatakan melalui nas ini, kita adalah di posisi sebagai orang yang menang. Nas kita mengatakan bahwa kita adalah lebih dari pemenang, karena kasih karunia Tuhan bagi orang yang percaya kepada-Nya. Dia bersama dengan kita pada waktu peperangan melawan dosa. Kita telah menang melalui kematian dan kebangkitan Anak-Nya Yesus Kristus. Dialah yang menjadi pembela, ketika orang lain menggugat kita sebagai anak-anak Tuhan. Sewaktu kita berjuang melawan berbagai penderitaan, penyakit, pencobaan dan sebagainya. Ia tampil mengasihi serta mendampingi kita di dalam ketulusan.

Pemenang di dunia berbeda dengan pemenang di dalam Tuhan. Pemenang di dunia, dapat berubah-ubah dan ada batasnya. Karena kelemahan raga, pikiran dan lain-lain, bisa saja juara itu berganti kepada yang lain. Tetapi pemenang di dalam Tuhan adalah untuk selama-lamanya. Tidak akan ada hal apapun di dunia yang dapat merebut kemenangan tersebut, baik oleh penderitaan, kematian, dan sebagainya. Sebab itu mari kita jaga kemenangan tersebut dengan senantiasa tekun berdoa dan berusaha sehingga kita dapat memenangkan kehendak Tuhan bukan kehendak kita sendiri. Sehingga kita dapat senantiasa hidup bersyukur, sukacita dan damai di dalam Tuhan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 138:2

Gogohta seng tarbahen in jadi pangajamanta;
Pinilihni Jahowa in hansa pamonang hita.
Ai ise gorannin na jamin monang in
Tuhanta Jesus in, sigomgom ganup in,
na so bulih lang monang.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS