Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 11 Oktober 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 11 Oktober 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 11 Oktober 2021

1. Doding Haleluya No. 115:1+4

Sadokah ho itanoh on, papintor uhurmin
Padingat-dingat ma tongtong nidok ni Tuhan in.

Ambungkon humbai uhurmin na so margagan in
Ganup na humbai Tuhan in ramot ma jaga in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Matius 15:18

Tapi na luar hun pamangan humbagas uhur do ai roh, anjaha ai do na pabutakhon jolma.
Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.

4. Renungan

Ketegangan terjadi antara Tuhan Yesus bersama muridNya dengan orang-orang Farisi ketika orang Farisi itu mulai menyalahkan Tuhan Yesus karena muridNya dianggap tidak melakukan apa yang menjadi kebiasaan atau adat istiadat Yahudi. Orang Farisi yang membiasakan diri menjaga tardisi merasa terganggu dengan sikap para murid Tuhan Yesus. Mereka merasa cara hidup mereka yang sudah menjadi karakter mereka adalah yang paling benar dan sekaligus paling suci.

Tentu Tuhan Yesus tidak membiarkan kebiasaan yang dilakukan orang Farisi itu yang akhirnya bisa menghalalkan cara mereka untuk menghakimi dan tidak lagi menghormati atau mengasihi orang lain. Tradisi memang sangat berguna dan sangat baik ketika tradisi itu membangun rasa kebersamaan dan saling menghargai dengan sesama. Namun ketika tradisi akhirnya dipergunakan untuk menghakimi atau menyalahkan orang lain, maka tradisi itu kehilangan nilai.

Pada bacaan kita Tuhan Yesus mengatakan bahwa apa yang keluar dari mulut yang berasal dari hati, itulah yang menajiskan orang. Hal ini dikatakan agar orang memahami bahwa apa yang kita katakan itu dapat merusak kita dan orang lain jika itu memang tidak sesuai dengan ajaran yang kita pahami. Hati yang tidak baik akan mampu membuat seseorang berbuat jahat, menghakimi orang lain, bahkan membunuh orang. Karena itu, apa artinya kita menjaga kebiasaan tetapi itu justru bukan dari hati yang baik?

Melalui firman Tuhan hari ini kita diminta untuk memelihara hati kita untuk tetap mendengar dan memelihara Firman Tuhan. Karena dari hati yang baik akan keluar buah yang baik juga. Jangan kita membiarkan diri kita dikuasai oleh nilai yang dari luar diri kita yang bertentangan dengan firman, tetapi biarlah hidup kita ini selalu diterangi oleh firman Tuhan yang membuat hati kita mengendalikan tubuh kita dalam melakukan perbuatan yang baik dan benar. Amin.

5. Doding Haleluya No. 384:2

Gijang uhur ampa latei seng maronti in
Uhur domdom ganup ari sai na roh do in
HolongMu Tuhan, pangajamankin
Sai marpangulaki Ham mangidah in
HolongMu Tuhan pangarapankin
Seng dong parsuhutan pitah Ham do in.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS