Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat 15 Oktober 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat 15 Oktober 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 15 Oktober 2021

1. Doding Haleluya No. 300:3 “Paubah Ham Uhurmu”

Paubah hita uhurta, ale, na sombah ma Tuhanta
Harga hita itobus ale, sai ulang namin soya
Abakkon, abakkon na mapansing, ale, galangan bai Tuhanta

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Epesus 4:28

Sipanangko hinan, ulang be manangko, tapi ra ma ia loja, anjaha ihorjahon tanganni ma na madear, ase adong siberehononni bani na hurangan.
Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.

4. Renungan

Jika ada yang mengambil yang bukan milik dan haknya maka orang itu sudah melanggar hukum yang ada. Bagi orang yang melanggar ada hukumannya atau konsekuensi dari tindakan yang buruk itu yakni penjara. Dalam pemahaman bahwa ketika seseorang dipenjara tujuannya adalah untuk menyadarkan diri si pelaku bahwa perbuatannya itu tidak baik dan itu melawan hukum. Hingga akhirnya nanti ketika keluar dari penjara ia tidak lagi melakukan hal yang sama tetapi berubah untuk melakukan yang baik.

Paulus ketika di penjara memakai kesempatan yang ada untuk memberitakan kabar baik kepada orang yang bersama dengannya di sana meski mungkin alasan mereka di penjara berbeda; Paulus bukan karena melakukan hal yang jahat dan buruk namun karena Injil, sementara sebagian orang yang di sana karena mereka melakukan tindakan yang tidak terpuji yakni mencuri. Paulus mengajak mereka untuk menyadari perilaku mereka yang salah. Berharap waktu di penjara itu dipakai untuk menginsafkan dan menyadari tindakan jahat itu dan mau bertobat sehingga nantinya ketika keluar dari penjara mereka tidak kembali mencuri lagi. Sebab mencuri melanggar perintah Tuhan, melawan hukum.

Paulus mengajarkan kepada orang-orang yang di penjara itu bahwa kesempatan yang diberikan oleh Tuhan ini adalah anugerah. Maka bersyukurlah Tuhan masih memberi kesempatan untuk berubah, meninggalkan perilaku jahat dan buruk pada masa lalu. Dan hidup dalam anugerah Tuhan. Paulus menekankan bahwa Tuhan mengasihi setiap orang berdosa namun Ia membenci perilaku, tindakannya. Maka tindakan, perbuatan harus berubah, dari yang tidak baik menjadi baik. Selagi masih diberikan kehidupan, kesehatan, kekuatan, pikiran yang sehat kita masih bisa berbuat, bekerja keras dengan segala kreatifitas dan inovatif. Gunakan semua potensi yang ada pada kita untuk menghasilkan sesuatu yang baik dan produk atau hasil pekerjaan kita tentu itu akan bernilai dan akan memberi penghasilan kepada kita dan pastinya itu dapat mencukupkan kebutuhan pokok kita. Maka tidak ada lagi kesempatan untuk melakukan yang tidak baik. Apalagi jika kita bekerja keras maka akan ada yang tersisa dari penghasilan kita yang juga dapat kita pakai untuk membantu orang yang memerlukan. Jadi ada perubahan yang dulunya mengambil milik orang lain menjadi memberi dari yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan. Sebab Tuhan memanggil kita untuk melakukan perbuatan baik. Selamat bekerja! Amin.

5. Nyanyian KJ. No. 424:1-2 “Yesus Menginginkan Daku”

Yesus menginginkan daku bersinar bagiNya,
di mana pun ‘ku berada, ‘ku mengenangkanNya.
Reff:
Bersinar, bersinar; itulah kehendak Yesus;
bersinar, bersinar, aku bersinar terus.

Yesus menginginkan daku menolong orang lain,
manis dan sopan selalu, ketika ‘ku bermain.
Reff:

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS