Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 20 Oktober 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 20 Oktober 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 20 Oktober 2021

1. Doding Haleluya No. 306:1

Huhamegahkon do in tongtong: Jesus Tuhanku rupeihu tongon;
Au parsimada tinobus-Nin napinabayu ni Tonduy in
Marmegah-megah mandoding au, mamuji Jesus parholong in
Marmegah-megah mandoding au, mamuji Jesus parholong in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian : 2 Tessalonika 3:5

Sai itogu-togu Tuhan in ma uhurnasiam marholong songon Naibata, ampa marhasabaron songon Kristus.
Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus.

5. Renungan

Sukacita bagi seorang pekerja adalah ketika dia melihat bahwa apa yang selama ini menjadi jerih payahnya pada akhirnya membuahkan hasil. Rasanya keletihan yang dia alami di dalam proses pekerjaannya seketika hilang begitu dia melihat betapa indahnya hasil karya yang dia lakukan selama ini. Dan tentu saja semua usaha dan hasil dalam pekerjaan itu haruslah terus dirawat sehingga pekerjaan itu tidak menjadi sia-sia nantinya. Dalam pelayanan Paulus terhadap jemaat Tesalonika dia tetap mengharapkan supaya jemaat Tesalonika tetap bertahan dalam iman serta tetap menjaga iman lewat kehidupan spiritualnya. Paulus tidak ingin buah pelayanan yang dilakukan terhadap jemaat Tesalonika seketika sirna dan berlalu begitu saja, namun dia mengharapkan kemurnian iman jemaat Tesalonika tetap terjaga dan salah satunya adalah tetap berdoa untuk diri mereka sendiri dan secara khusus mendoakan Paulus dalam pelaksanaan pelayanannya.

Dalam Pesan Paulus terhadap jemaat yang ada di Tesalonika mengajarkan sebagai orang benar agar mengarahkan hati kepada kasih Allah dan sekaligus mengarahkan hati kepada ketabahan Kristus. Kasih Allah telah nyata dalam kehadiran Yesus Kristus ke dunia ini. Ia datang ke dunia ini dan Dia adalah kasih itu sendiri. Oleh sebab itu jatuh cinta terhadap Allah yang adalah kasih itu merupakan yang terbaik dari segala yang ada, dan pastinya kasih kepada Allah haruslah diwarnai dengan pelaksanaan kasih di dunia ini. Selain itu tidak ada kasih sejati kepada Allah tanpa iman di dalam Yesus Kristus. kita harus menantikan Kristus, yang menandakan iman kita terhadap-Nya, kita percaya bahwa Dia pernah datang di dalam tubuh jasmani dan akan datang kembali dalam kemuliaan dan untuk pengharapan itu kita harus tekun dengan hati tabah menghadapi segala sesuatu yang kita alami. Model utama ketabahan telah dinyatakan oleh Yesus Kristus lewat penderitaan-Nya di atas kayu salib. Teladan Kristus berupa kesabaran yang tidak habis-habisnya merupakan sumber inspirasi utama bagi orang-orang percaya yang mengalami kesulitan.

Saudara sekalian proses perjalanan iman bukanlah terjadi dengan begitu-begitu saja melainkan untuk mendapatkan kemurnian iman terkadang kita perlu menempuh ujian hidup dan marilah berharap untuk hidup yang kita jalani kiranya Tuhan mengarahkan kita kepada jalan yang benar, dan untuk itu milikilah hati yang penuh dengan kasih dan ketabahan dalam segala sesuatu yang menerpa hidup kita. Amin.

5. Doding: Haleluya No. 248:1

Huhaholongi Ham gogohku, huhaholongi Ham tongtong
In ma marhitei pambaenanku, humbani gok ni uhurhon
Ai Ham do manondangi au, ronsi na matei au

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS