Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu 23 Oktober 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu 23 Oktober 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 23 Oktober 2021

1. Doding Haleluya No. 407:1

Puji ma Jahowa Tuhan Naibata, ai marjumbalang do GoranNi in.
Haganupan jolma sai marsombah ma, sai hagoluhkon HataNi n.
Holsoh haganupan mambur, tubuh ma malas ni uhur.
Gok bai pangarapan holong na totap, rap mangolobkon GoranNi in.

2. Tonggo

3. Nas Harian: Psalmen 77:12

Sai dingatonku do pambahenanni Jahowa, sai dingatonku do halongangan, na binahen-Mu humbani na basaia.
Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan Tuhan, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala.

4. Renungan

Hal-hal yang sering membuat kita krisis rohani adalah ketika datang berbagai krisis dan kesulitan, membenturkan iman kita dengan berbagai realita yang ada. Dalam situasi itu tidak jarang kita merasa seakan-akan Tuhan meninggalkan kita, sehingga kita bertanya-tanya: “Di manakah Tuhan yang aku percayai? Apakah Tuhan tidak mau memperhatikan aku lagi?

Pemazmur dalam Mazmur pasal 77 ini mengalami krisis kepercayaan terhadap kasih setia Tuhan. Ia melihat adanya kesenjangan yang besar antara imannya dengan realita. Ia merenung, mencoba mencari Tuhan dan mengingat-Nya dengan segala perbuatan-Nya. Namun ia bertambah sedih dan terpuruk, karena jejak-jejak langkah Tuhan tidak ia temukan. Tetapi ia terus mengingat dan merenungkan perbuatan-perbuatan Allah, hingga ia menyadari bahwa jejak-jejakNya yang tidak mampu dilihat itulah yang telah menuntun kawanan domba Allah melintasi lorong muka air yang luas. Hal ini ia sadari hanya mungkin dilakukan Allah yang kudus, benar dan tak tertandingi. Menaklukkan kekuatan-kekuatan dunia yang menakutkan dan menuntun umat-Nya melintasi semua itu.

Melalui nas renungan ini kita ditantang untuk tetap beriman ketika diperhadapkan dengan misteri Allah dan jalan-jalanNya yang tak terselami. Sebab melalui iman kita dapat memahami warisan sejarah sebagai karya Allah yang jejak kaki-Nya tidak kelihatan.
Kita umat Tuhan saat ini, sekalipun tidak mampu menyelami segala perbuatan-perbuatan Tuhan dalam hidup kita, namun kita harus yakin bahwa Tuhan lebih besar dari segala permasalahan kita. Walaupun kita tidak melihat-Nya, akan tetapi Dia tetap berada di sisi kita, membimbing kita melintasi segala kesulitan yang kita hadapi. Di saat kita merasa berjuang sendiri, marilah kita membaca kembali nas renungan di atas berulangkali dan ingatlah perbuatan-perbuatan Tuhan dalam hidup kita masing-masing. Amin.

5. Doding Haleluya No. 352:2

Marhitei idop uhur in, porsaya au tongon,
Janah gogoh ni hata-Nin pasonang uhurhon
Tapi hubotoh janah porsaya bani gogoh-Ni pakon kuasa-Ni
Ai iparorot tongtong goluhku, das bai parujungon in.

6. Tonggo Ham Bapa Nami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS