Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 29 Oktober 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 29 Oktober 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 29 Oktober 2021

1. Doding Haleluya No. 5:1 “Hupuji Holong ni AteiMu”

Hupuji holong ni atei-Mu, o Tuhan Jesus Rajangkin
Bamu huondoskon tonduyhu, ai do napinindo Mu in
Huhalupahon ma diringku mamingkir holong ni atei-Mu

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Rom 8:35

Ise manirang hita humbani holong ni Kristus? Hamarsikon do atap hasosakan, parburuon do atap lohei, hatalanjangon do atap mara atap podang do?
Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya atau pedang?

4. Renungan

Sepasang kekasih akan saling bertanya tentang kasih terhadap pasangannya, “Apakah kamu mengasihi aku? Seberapa besar kasihmu padaku? Sampai kapan kasihmu bertahan? Seorang perempuan akan terlihat kasihnya ketika ia tetap bersama dengan laki-laki yang dikasihinya meski keadaan susah dan kurang menguntungkan, di situlah kasihnya teruji. Karena ada orang yang tidak tahan menderita memilih meninggalkan laki-laki yang tidak memberi kesenangan. Sebaliknya kesetiaan kasih seorang laki-laki akan teruji ketika hidupnya mapan, apakah ia tetap mengasihi kekasihnya atau tergoda kepada yang lain.

Ada kasih yang tidak terpisahkan. Kasih yang selalu ada bagi kita yakni kasih Kristus. Jika kasih manusia ada batasnya dan bisa hilang seiring dengan waktu, namun kasih Kristus tidak akan pernah hilang dan meninggalkan kita. Inilah kasih Tuhan dan kasih Kristus kepada umatNya. Mungkin kita pernah beranggapan bahwa ketika penindasan, kesesakan, penganiayaan, kelaparan, ketelanjangan, bahaya dan pedang. Atau mungkin kesusahan yang lain sesuai dengan keadaan dan konteks kita masing-masing terlebih pada saat menghadapi pandemi saat ini. Ketika kita terpuruk, muncul perasaan iba dan mengasihani diri sendiri, dan beranggapan Tuhan tidak peduli lagi kepada kita, tidak mengasihi kita, atau mungkin telah meninggalkan kita. Sehingga perasaan dan pikiran demikian menjadikan kita semakin jatuh dan terpuruk.

Maka Paulus menyampaikan nas ini kepada jemaat Roma, yang mengalami semua kesesakan yang disebutnya di atas, untuk menyemangati, menghibur dan menguatkan iman mereka kepada Tuhan. Jangan mundur, apalagi patah semangat. Jangan menyerah dan meninggalkan iman. Terimalah kasih Kristus yang menghibur dan menenangkan jiwa. Jangan ragukan kasih Tuhan dalam hidup, tetapi tanyakanlah dirimu dalam keadaan seperti itu apakah kamu masih tetap mengasihi Tuhan? KasihNya kekal untuk kita, sejak kita diciptakanNya, diselamatkan bahkan hingga nanti selama-lamanya. Jangan memisahkan diri dari kasih Tuhan. Hiduplah dalam kasih setia Tuhan, dan kuatkanlah juga ikatan kasih di antara kita orang percaya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 350:1 “Holong na Hum Bani Tuhan”

Holong na hunbani Tuhan, na roh humbai Jesus in.
Sai totap do marsinondang holongni Tuhanta in
Sai sondangkon ma holong-Ni das bai hagolapan in
Ase haganup pardousa ipaluah Naibata

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS