Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 6 November 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 6 November 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 6 November 2021

1. Doding Haleluya No. 200:1

Aha ma dodingkononku ase pujionku Ham.
Ale Tuhan Naibatangku Ham ma mangurupi au.
Seng na tarpajojor ahu, holong-Mu tongtong hubangku.
Halanin hupuji do Ham marribu halilo.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 2 Korint 1:20

Ai sagala bagah-bagah ni Naibata marhiteihon-Si do ai saud. Halani ai, marhiteihon-Si do hita mangkatahon Amen, bahen hasangapon ni Naibata.
Sebab Kristus adalah “ya” bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan “Amin” untuk memuliakan Allah.

4. Renungan

Paulus menyatakan perubahan rencananya mengunjungi jemaat Korintus bukan karena ia plin-plan. Rencananya berubah karena ia tunduk pada pimpinan dan kehendak Tuhan. Memang janji Paulus belum terlaksana, tetapi janji Allah tidak pernah berubah, karena di dalam Kristus, semua janji Allah adalah ya dan amin sehingga akan tergenapi pada waktunya bagi kemuliaan Allah. Selanjutnya kata “Amin” (Bahasa Ibrani: Amen) berarti: itulah yang kokoh-kuat, layak dipercaya dan diandalkan. Kata “Amin” merupakan jawaban kesetiaan manusia atas kesetiaan Allah yang nyata dalam diri Yesus Kristus. TUHAN telah meneguhkan semua jemaat Korintus di dalam Kristus.

Di masa pandemi covid-19 saat ini, tidak sedikit dari orang Kristen bimbang akan penggenapan janji Tuhan Yesus. Kebimbangan tersebut adalah salah satu faktor penghalang untuk memperoleh apa yang Tuhan janjikan, selain dosa. Mereka menganggap bahwa janji-janji Tuhan itu bohong alias palsu, karena sudah sekian tahun lamanya mengikut Tuhan tetapi hidupnya tidak mengalami perubahan yang berarti. Karena dalam hati dan pikiran mereka ada ‘ya’ dan ‘tidak’. ‘Ya’ dan ‘tidak’ sama sekali tidak dapat digabungkan, sama seperti terang dan gelap. Karena itu jika kita berdoa meminta sesuatu kepada Tuhan, kita harus meyakini dan membayangkan bahwa kita sudah menerimanya. Kebenaran firman Tuhan ini harus senantiasa kita pegang, dan percayalah bahwa cepat atau lambat janji-Nya pasti digenapi.

Dalam kehidupan bergereja juga, kita perlu membangun persekutuan dengan penuh ketulusan dan tidak boleh ada kemunafikan. Dan kita juga harus tunduk pada pimpinan Allah. Kiranya rencana dan tindakan kita hanyalah memuliakan Allah dan mendatangkan kebaikan bagi sesama. Kita membawa setiap hal baik itu di dalam doa dan permohonan kita. Dan kita yakin bahwa doa kita akan digenapi oleh Tuhan, sebab firman-Nya telah mengingatkan kita untuk selalu mengatakan “Amin”, untuk kemuliaan Tuhan. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 393:1

Tuhan betapa banyaknya, berkat yang Kau beri
Teristimewa rahmat-Mu dan hidup abadi
Refrain:
T’rimakasih, ya Tuhanku atas keselamatan-ku!
Pada-ku telah Kauberi, hidup bahagia abadi.

6. Tonggo Ham Bapa Nami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS