Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 8 November 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 8 November 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 8 November 2021

 

  1. Mandoding Hal no 249:1

Seng tadingkononku Ham ale Jesus Sipagoluh

Sai irikkononku Ham sadokah ni au manggoluh

Ham do hagoluhankin seng tadingkononku in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: 1 Johannes 2 : 23

Sagala na marnalangkon Anak in, seng adong bani Bapa in, halak na mangakui Anak in, adong do bani Bapa in.

Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.

 

  1. Renungan

Rasul Yohanes dalam suratnya ini mempertegas tentang keyakinannya kepada Kristus yang tidak bisa diganggu. Yohanes yang sudah mengenal Tuhan Yesus, yang percaya serta yang merasakan kehadiranNya yang melebihi segala sesuatu tidak ingin ada yang berbicara atau yang memberi pendapat tentang Yesus yang tidak sesuai dengan apa yang diimani Yohanes. Untuk itu dia juga menginginkan agar mereka yang menerima surat ini tidak digoyahkan oleh mereka yang disebutnya sebagai antikristus.

 

Yohanes mengatakan bahwa antikristus itu bukanlah orang asing yang memang tidak mengenal Kristus atau yang sejak awal bertentangan denganNya. Tetapi mereka ada di antara kita yang hidup bersama-sama dengan kita namun mereka tidak sungguh-sungguh bagian dari kita. Mereka ini menyangkal bahwa Yesus itu mesias atau yang diurapi untuk menyelamatkan. Mereka tidak percaya bahwa Yesus adalah yang datang dari Bapa untuk menyelamatkan dunia.

 

Penegasan yang diungkapkan Yohanes adalah bahwa yang menyangkal Anak atau yang menyangkal Yesus berarti tidak memiliki Bapa atau tidak hidup di dalam Bapa. Bapa yang diakui oleh semua orang sebagai pemilik atau pemberi kehidupan hanya akan menjadi milik kita kita kita mengakui bahwa Yesus adalah Kristus. Mengakui Anak dalam hidupnya berarti mengakui status serta karya Yesus yang juga berarti menerima Bapa dalam hidupnya.

 

Ketika kita sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat tentu tidak ada lagi yang kita ragukan untuk keselamatan kita. Dunia ini tidak seluruhnya menerima Yesus sebagai Tuhan, dan mereka berusaha untuk memberi pernyataan yang mungkin sangat meyakinkan atau mungkin sangat sederhana yang membuat kita bisa terpengaruh. Namun kita harus tetap berpegang bahwa Yesus telah diutus Allah untuk keselamatan kita dan Yesus yang datang dari Allah sajalah yang mampu melakukannya. Karena itu tetaplah setia dan menjadi saksi akan Yesus di tengah dunia ini.

 

  1. Mandoding Hal no 376:4

Abakkon ma haporsayaon, lao manaksihon Kristus in

Ase martambah na porsaya hubani Tuhan Jesus in

Hita ale sai sirsir bei iparburu pe pos uhurmu bai Naibata

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS