Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 12 November 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 12 November 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 12 November 2021

1. Doding Haleluya No. 18:1 “HataMu ale Tuhanku”

Hata-Mu ale Tuhanku, arta siharganan ai
Sai palongkot bai uhurhu, ulang lang hujolom ai
Anggo seng be sijoloman Hata na madear ai
aha ma na baen onjolanni haporsayaonkin

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalm 119:105

Hata-Mu do rigapan bani naheihu, anjaha panondang bani dalanku.
Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

4. Renungan

Hidup di dunia ini bagai berayar di tengah samudera luas. Maka setiap pelayar harus memiliki petunjuk arah untuk dapat berlabuh ke tujuan. Demikian juga hidup orang percaya, firman Tuhan adalah kompas dalam hidup kita, yang menjadi penuntun, penolong, pembebas, memberi damai, sukacita, menyelamatkan dan memberi pengharapan kekal. Pemazmur mengatakan bahwa firman Tuhan adalah pelita bagi kakinya dan terang bagi jalannya. Terang dari firman Allah membuat sesuatu menjadi jelas dan kelihatan sehingga kita tidak sesat dan jatuh ke dalam perangkap dan jebakan dari musuh. Musuh pasti sangat menyukai ketika kita sesat, tidak tahu arah dan masuk ke dalam gelap. Maka kita butuh firman Tuhan yang menjadi pelita dan terang bagi kita hingga kita dapat berjalan di dalam kebenaran seturut kehendak-Nya.

Sebagai orang percaya, setiap hari dalam setiap langkah hidup, kita membutuhkan firman Tuhan, sebab itu menjadi kebutuhan kita. Kita butuh belajar tentang firman untuk tahu maksud hati Tuhan dalam hidup kita. Kita dapat memahami dan membedakan mana yang benar dan yang salah. Tunduk dan menaati perintah Tuhan yang akan menuntun kita pasti kepada yang baik bukan kepada yang buruk. Firman-Nya tidak akan merugikan, mengecewakan dan menjatuhkan kita tetapi sebaliknya firman itu yang membawa kita kepada kehidupan yang bermakna, berjalan dalam terang sebab hati dan pikiran kita senantiasa memiliki pelita membuat semua terang, jelas dan mendamaikan.

Mungkin kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang, tentang apa yang akan kita alami dan lalui. Biarlah pelita kita tetap menyala, dengan tetap memelihara firman-Nya di dalam hati kita sehingga sejauh mana pun perjalanan yang akan kita tempuh itu tidak akan melelahkan dan menyesatkan kita, sebab kita berjalan dalam terang bukan dalam gelap. Bantulah juga saudara-saudari kita yang lain yang mungkin merasa sedang berjalan di dalam gelap supaya mereka juga menemukan pelitanya yakni firman-Nya yang akan turut serta menerangi jalan mereka sehingga semakin panjang iring-iringan orang percaya yang berjalan dalam terang Tuhan. Amin.

5. Nyanyian Pujian “Firman-Mu P’lita bagi Kakiku”

Firman-Mu p’lita bagi kakiku
Terang bagi jalanku
Firman-Mu p’lita bagi kakiku
Terang bagi jalanku
Reff :
Waktu ku bimbang
Dan hilang jalanku
Tetaplah kau di sisiku
Dan tak kan ku takut
Asal Kau di dekatku
Besertaku selamanya

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS