Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 15 November 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 15 November 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 15 November 2021

 

  1. Mandoding Hal no 310:1

Ge daoh ponop openi ujungni dalanankin

Tuhan do manogu ahu bani pardalanankin

Bahen Ham au pambalosi bani ganup rosuhMu

Lang be sangsi janah gobir sai totap porsaya au

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Johannes 3 : 20

Ai ganup na mangkorjahon na masambor, sogam do uhurni bani na lihar in, anjaha seng ijumpahkon na lihar in, ase ulang talar horjani ai.

Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak.

 

  1. Renungan

Manusia yang hidup dalam dosa digambarkan sebagai orang yang hidup dalam kegelapan. Mereka yang melakukan dosa telah mengabaikan kebenaran yang dari Allah sehingga hidup mereka tidak lagi diterangi oleh Firman atau hukum Allah. Manusia yang melakukan dosa itu perlu diterangi agar mereka tidak lagi melakukan kejahatan tetapi agar mereka hidup dalam kehendak Allah.

 

Yohanes 3 memberitahukan bahwa Allah telah mengutus AnakNya agar setiap orang yang sudah hidup dalam dosa dapat diselamatkan. Keselamatan itu terbuka bagi semua orang, namun mereka yang menerima dan percaya kepada jalan keselamatan itulah yang akan masuk ke dalam kehidupan baru yang disediakan Tuhan. Hal ini ingin mempertegas bahwa Tuhan Yesus datang ke dunia ini untuk menyelamatkan manusia yang berdosa.

 

Orang berdosa yang tidak mau menerima keselamatan dari Allah melalui Tuhan Yesus sesungguhnya sudah hidup dalam penghukuman. Yesus yang adalah terang itu hadir agar manusia tidak lagi hidup dalam kegelapan atau dosa. Jika seseorang tidak menerima Tuhan Yesus maka dia tetap hidup dalam kegelapan dan itu berarti bahwa dia sudah hidup di luar keselamatan, dan itu artinya dia sudah dalam penghukuman. Mereka ini tidak mau hidup dalam terang karena akan menjadi nyata kejahatan yang mereka lakukan.

 

Orang yang melakukan kejahatan dengan  berlaku curang, membenci orang lain, menyakiti orang lain atau memanipulasi sesuatu, cenderung untuk terus melakukannya. Tuhan Yesus mengatakan bahwa mereka ini suka hidup dalam gelap. Meskipun firman hari ini mengungkapkan hal itu bukan berarti bahwa kita bisa memilih gelap atau terang. Justru Tuhan Yesus menegaskan agar kita cinta terang dan cinta keselamatan serta kehidupan. Karena itu biarlah kita tetap berjalan dalam terang.

 

  1. Mandoding Hal no 107:2

Au do palihar dalanmin na dompak hagoluhan

Ai seng be kahou langkahmin daoh pakon hamagouan

Au parhiteian na bujur bai hasonangan na botul

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS