Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 19 November 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 19 November 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 19 November 2021

1. Doding Haleluya No. 307:1 “Bani Na Martonggo Ahu”

Bani na martonggo ahu hu Bamu o Tuhankin.
Ajar Ham ma au manjalo ganup na binere-Mu.
Mangakuhon songon Jesus bani sitaranon-Niin.
Seng rosuhku pasaudonku pitah rosuhmu Tuhan.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Johannes 5:14

Anjaha on do hinsah ni uhurta na dong banta i lobeini, “Anggo ipindo hita atap aha domu hubani rosuh ni uhur-Ni, itangihon do hita.
Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

4. Renungan

Adalah hal yang istimewa ketika kita dapat datang kepada Tuhan dan meminta segalanya kepada-Nya. Kita bebas dan terbuka berkomunikasi dengan Tuhan. Seperti ketika kita berkomunikasi dengan sesama kita, ada rasa bebas dan terbuka dalam menyampaikan isi hati kita. Demikian juga dalam hubungan kita dengan Tuhan. Hubungan komunikasi dengan Tuhan tidak boleh putus, harus senantiasa terjaga. Kita harus terus menggantungkan diri kita dalam ungkapan hati melalui doa-doa kita kepada Tuhan. Apapun yang kita inginkan, tentang hal baik, dan seturut dengan kehendak Tuhan itu wajib kita sampaikan kepada Tuhan. Dengan keyakinan Tuhan akan mendengar dan menjawad doa dan permohonan kita. Namun kita tetap mengingat bahwa semua yang kita minta harus sesuai dan berkenan bagi Tuhan.

Mungkin dalam pengalaman kita ada doa dan permohonan kita yang belum dijawab oleh Tuhan, untuk kita harus bersabar dan mengevaluasi apakah permohonan kita seturut kehendak-Nya atau keinginan kita. Terkadang karena doa yang belum terjawab bisa melemahkan iman percaya kita, atau membuat kita mundur, patah semangat, tidak berani lagi dan bisa menjadikan kita kurang percaya diri dalam meminta kepada Tuhan. Namun kita harus jujur dan realistis untuk melihat dan menguji bahwa ada banyak berkat yang telah Tuhan berikan kepada kita melebihi apa yang pernah kita minta dan mohon kepada-Nya. Artinya Tuhan pasti lebih mengetahui apa yang terbaik yang diberikan-Nya bagi kita melebihi apa yang bisa kita pikirkan dan rencanakan. Sebab Tuhanlah yang berkuasa atas hidup kita, Ia yang pegang kendali bukan kita, sebab kita dipanggil untuk menjalani hidup yang Tuhan berikan bagi kita.

Untuk itu nas hari mengingatkan kita, tetaplah meminta dalam kepercayaan diri dan keberanian kepada Tuhan, karena kita meminta hal-hal yang baik yang tidak bertentangan dengan kehendak Tuhan. Tetaplah meminta kepada Tuhan meskipun Ia tahu seluruh isi hati kita, Ia tahu sebelum kita mengucapkannya. Sampaikan segala permohonan kita kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh, dengan hati yang suci, bersih dan jujur. Dengan kata-kata yang dapat kita sampaikan kepada-Nya sebab ia mengerti segala bahasa dan perasaan. Dan yakinlah Ia selalu menunggu kita untuk berbicara kepada-Nya dan mendengarkan semua yang kita ucapkan. Sebab Ia mengasihi dan memperhatikan hidup kita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 453:1 “Pitah Ham Tuhan”

Pitah Ham Tuhan, hatundalan na toguh.
Humbai ganup paruntolon na itanoh on.
Bani haganup pardalanan, pitah Ham panjaga na gogoh.
Ondos ma Tuhan, hanai on nuan, ‘se torsa sadokah goluh on.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS