IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 4 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 4 Desember 2021

1. Doding Haleluya No. 404:1

Ganup ari do in, ronsi tahun hu tahun, sihol do hudodingkon goran-Mu.
Ham Tuhan Naibata, sai hupuji do Ham, halani haganup layak-Mu.
Ham arta na harga, poltik hujolom in, humbani na hinan Ham do tong Naibatangkin
Bonani na dear ronsi sadokah nin,
Panondang na lihar, bai ganup na golap in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Pangungkabon 22:20

Ihatahon sisaksihon on, “Tongon, barah do Ahu roh!” Amen! Roh ma Ham, Tuhan Jesus!
Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: “Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

4. Renungan

Ada ungkapan yang mengatakan: “menanti adalah pekerjaan yang paling membosankan”. Apalagi yang dinanti-nantikan masih lama akan datang. Dibutuhkan kesabaran, ketabahan, semangat dan kesetiaan dalam menantikan yang akan datang tersebut. Juga ada sukacita mengerjakan yang bermakna bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga memberi makna bagi sesama.

Demikian juga nas hari ini, bagian penutup dari Alkitab, kitab Wahyu pasal 22 ini. Di mana melalui seluruh kesaksian dalam Alkitab Tuhan memberi janji-Nya yakni bahwa Ia datang segera. Janji tersebut sudah dinyatakan kurang lebih 2000 tahun yang lalu. Hal tersebut telah digenapi sejak penciptaan serta melalui kelahiran Putra-Nya yaitu Yesus Kristus Yuruselamat dunia. Dalam Yohanes 3:16 dituliskan: “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Tetapi kita masih menantikan kedatangan Yesus yang kedua kali, yakni pada masa penghakiman. Dalam penantian tersebut, kita diingatkan agar semakin beriman teguh dan berpengharapan yang hidup.

Tuhan tidak pernah lupa akan janji-Nya. Saya bisa lupa, saudara bisa lupa, tetapi Tuhan tidak pernah lupa janji-Nya, pasti digenapi, termasuk kedatangan-Nya. Perkataan, “Aku datang segera”, harus kita pegang. Kapan waktunya tidak ada seorangpun yang tahu. Oleh karena itu kita harus bersiap-siap. Biarlah kita senantiasa dalam kerendahan hati mengakui dosa-dosa di hadapan Tuhan dan memohon kasih dan damai-Nya diberikan kepada kita. Kiranya kita juga dimampukan oleh kuasa-Nya hidup dalam kekudusan, damai, dan kasih dengan sesama kita. Sehingga mahkota kehidupan kekal dianugerahkan Tuhan bagi kita semua. Dengan kesiapsediaan dan sukacita dalam Tuhan kita berkata: datanglah Tuhan Yesus. Tuhan pasti melihat setiap kita yang setia sampai akhir. Amin.

5. Doding Haleluya No. 30: 5

Hosianna! Saud tarbaen, bagah-bagah ni Jahowa.
Ge ponop ope nuan, hasangapon-Mu bai jolma.
Ganup na porsaya in, manandai gogoh-Mu in.

6. Tonggo Ham Bapa nami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 6 Desember 2021 — 01:17