Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 6 Desember 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 6 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 6 Desember 2021

1. Doding Haleluya No. 130:2

Ai ipaherbang do tanganNi lao mangalehon jolma on
Halani holongni ateiNi bai hita sindunia on
Na roh ampakon na so roh ganup sol toguonNi do

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Haggai 2:6

Ai sonon do hata ni Jahowa Zebaot, Sahali nari seng sadiha dokahni be, duguronKu ma langit pakon tanoh pakon laut ampa darat.
Sebab beginilah firman Tuhan semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat.

4. Renungan

Jika kita mengikuti perjalanan yang digambarkan oleh nabi Hagai, kita akan menemukan beberapa hal yang sangat berharga dalam kehidupan kita sebagai orang beriman dan dalam kehidupan bergereja. Beberapa hal yang disampaikan kepada kita yaitu:

a. Ketika Tuhan sudah bertindak menyelamatkan umatNya maka umat Tuhan seharusnya mengutamakan Tuhan dan rumah Tuhan. Bangsa Israel ketika kembali dari pembuangan Babel ternyata lebih mengutamakan kenyamanan mereka sehingga rumah Tuhan tidak menjadi perhatian mereka saat itu.

b. Bisa saja bangsa itu masih dalam keadaan yang belum normal sehingga mereka tidak mampu untuk membangun rumah Tuhan. Tetapi Tuhan ingatkan bahwa Dia akan menyuruh siapa saja untuk membangun atau menyediakan apa yang diperlukan untuk membangun rumah Tuhan.

c. Tuhan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan karyaNya. Tidak seperti kemampuan manusia yang mencari dan mengumpulkan sesuatu dalam waktu yang panjang untuk mengerjakan sesuatu. Dalam ayat ini disebut tentang Allah yang menggoncang langit, bumi, darat dan laut adalah gambaran bahwa Allah berkuasa melakukan apapun dan tidak ada yang dapat menghalangi. Termasuk dalam mengumpulkan bahan atau peralatan yang dibutuhkan bait Allah di Yerusalem, Allah mampu melakukan karya luar biasa. Dengan menggoncang semua maka semua akan mengalir untuk penyelesaian bait Allah.

Saat kita memasuki minggu Adven kedua, kita juga tetap diingatkan tentang kuasa Tuhan yang harus kita akui. Kita diminta untuk ikut bersama dengan Tuhan serta melihat karyaNya yang luar biasa itu. Allah sanggup melakukan apapun untuk kepentinganNya, termasuk kepentingan rumahNya, karena itu mari kita menikmati karya yang luar biasa yang Tuhan lakukan untuk kita juga untuk dunia ini sehingga kita tetap pada pengakuan akan kemahakuasaanNya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 472:1

Seng adong na dos songon Ham o Tuhan
Nai sai sirsir mangkasomani hanai on
Pitah Ham tongon Naibata na sintong
Ganup pambaenanMu gok halongangan do
Sagala bangsa do na jinadihonMu
Marsombah roh hu lobeiMu
Pasangapkon Ham ronsi sadokahnin
Timbul janah pansing do goranMu ijin

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS