IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 10 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 10 Desember 2021

1. Doding Haleluya No. 28:1 “Naha ma Panjalongku”

Naha ma panjalongku, Bamu o Tuhankin?
Naha panjumpahkonku, Bamu o Rajangkin?
Sondangi Ham uhurhu, na golap na bodoh
Ai sihol bahenonku do hamegahon-Mu

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Mateus 25:31

Tapi anggo roh ma Anak ni Jolma in ibagas hasangapon-Ni rap pakon haganup malekat-Ni, hundulan-Ni ma ijai paratas hasangapon-Ni ai.
Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.

4. Renungan

Nas ini memberikan gambaran dan bayangan tentang masa ketika murid-murid Tuhan Yesus telah menyampaikan berita sukacita kepada segala bangsa dan saatnya akan tiba Ia akan kembali untuk mengadili dunia ini (Mat.28:18-20). Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan-Nya. Ia akan memerintah dalam takhtanya, dan semua bangsa menyambutnya sebagai Tuhan dan Raja. Tuhan sendiri yang akan mengadili setiap orang seperti seorang gembala yang memisahkan kawanan domba dari kambing. Domba akan mendapatkan perlakuan khusus dan menyenangkan, dibandingkan kawanan kambing yang disisihkan di tempat yang lain. Domba akan mendapatkan tempat yang baik dan menjadi pewaris kerajaan-Nya. Di sana penuh dengan berkat; tidak ada kesusahan, sakit, lapar, penindasan dan aniaya.

Inilah yang menjadi pesan penting dari nas ini, bahwa janji tentang kemenangan Kristus akan tergenapi dan itu terjadi ketika setiap pengikut Kristus yakni orang percaya ikut ambil bagian dalam pelayanan antara satu dengan yang lain menyatakan kasih Kristus, untuk menjangkau seluruh dunia dan makhluk. Ketika Tuhan datang dalam kemuliaan-Nya maka kemuliaan itu juga akan dibagikan bagi setiap yang percaya. Tuhan akan datang dalam kuasaNya dan Ia akan mengadili dalam kebenaran-Nya. Ia akan disembah dan ditinggikan sebab Ia layak untuk itu.

Lalu apa yang dapat kita lakukan? Apakah ketika kedatangan-Nya kita bersukacita atau dalam ketakutan? Bagi setiap orang yang percaya dan menanti-nantikan kedatangan Tuhan maka akan selalu siap sedia, menjaga hidup untuk tetap kudus dan melakukan apa yang berkenan bagi Tuhan. Melakukan perintah Tuhan dan menjadi saksi yang setia di tengah dunia ini sehingga Injil, berita sukacita itu dapat menjangkau seluruh dunia ini. Inilah panggilan kita menyembah dan mengagungkan Tuhan kini dan nanti saat kedatangan-Nya, maranatha. Amin.

5. Doding Haleluya No. 370:1 “Hupaima do Tuhanku”

Hupaima do Tuhanku, sai masihol uhurhin,
bai parroh ni Tuhan Jesus, songon binagahkon-Ni.
Marhasoman olob-olob, hanai on managam Ham.
Maranata roh ma Tuhan, amen sai podas Ham roh.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 9 Desember 2021 — 13:31