Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 11 Desember 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 11 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 11 Desember 2021

1. Doding Haleluya No. 459:1

O Tuhan tiap jam, au mamorluhon Ham.
Ai Ham tumang nab oi, pasonang uhurhon
Bai haganup ianan, Ham do hupindahi.
Na roh do au sonari, holong *ma Ham.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Pangungkabon 22:20

Ihatahon sisaksihon on, “Tongon, barah do Ahu roh!” Amen! Roh ma Ham, Tuhan Jesus!
Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: “Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

4. Renungan

Nas renungan di atas merupakan perkataan Yesus yang dicatat oleh Yohanes di pulau Patmos. Yohanes berbicara mengenai akhir zaman, mengenai kedatangan Yesus yang kedua kali nanti. Janji Tuhan Yesus ini pasti digenapi. Kapan waktunya tidak seorangpun yang tahu. Kata “Amin” adalah kata terakhir dalam Alkitab yakni suatu kata Ibrani yang berarti “pasti, sungguh benar”. Alkitab berisi janji-janji Tuhan bagi manusia. Hampir semua janji-janji itu telah digenapi (telah terjadi), misalnya janji kedatangan Mesias, kematian Yesus di kayu Salib, hingga kebangkitan-Nya. Demikian juga kedatangan-Nya yang kedua kalipun bukan isapan jempol belaka, tetapi akan segera terjadi.

Kita tidak perlu takut untuk menghadapi kedatangan Yesus kedua kali. Kita harus meyakini, kita adalah orang-orang yang termasuk pada bilangan orang-orang yang diangkat di akhir zaman nanti. Tentu kita harus tetap berjaga-jaga dalam menantikan kedatangan-Nya kedua kali itu. Ada tiga hal yang bisa kita lakukan saat berjaga-jaga tersebut. Pertama, memaksimalkan talenta dan karunia yang Tuhan telah berikan. Kedua, mendekatkan diri kepada Tuhan melalui ibadah bersama maupun ibadah pribadi/keluarga. Ketiga, menjadi garam dan terang dunia.

Tetaplah setia apapun yang terjadi dengan melakukan tiga hal di atas. Bagi siapapun yang tidak bertobat akan ada hal yang mengerikan saat kedatangan Yesus di awan bersama segenap bala tentara surgawi menghakimi kita. Saat yang paling membinasakan bagi semua orang yang hanya berseru Tuhan, Tuhan tetapi tidak melakukan firmanNya. Namun menjadi paling indah bagi orang-orang yang sungguh-sungguh menantikan kedatangan Yesus dengan setia, yang menaati perintahNya. Berjaga-jagalah senantiasa, pergunakan waktu dengan bijaksana sebelum terlambat. Persiapkan diri menyambut kedatangan-Nya kedua kali karena kita tidak tahu kapan waktu-Nya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 30:7

Hosianna! Anak ni Naibata na jadi jolma.
Tohu ma kuria in, ase sai tongtong martuah
Sangap bai goran-Mu in, sadokah-dokahni in.

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS