Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 13 Desember 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 13 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 13 Desember 2021

 

  1. Mandoding Hal no 248:1

Huhaholongi Ham gogohku huhaholongi Ham tongtong

In ma marhitei pambaenanku humbani gok ni uhurhon

Ai Ham do manondangi au ronsi na matei au.

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Jesaya 40 : 10

Tonggor ma, Tuhan Jahowa, roh ibagas hagogohon, anjaha tanganNi sandiri do na mandalankon kuasa Bani; tonggor ma, irik do hubani upahNi anjaha na sinariNi mardalan i lobeiNi.

Lihat, itu Tuhan Allah, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tanganNya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payahNya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperolehNya berjalan di hadapanNya.

 

  1. Renungan

Allah sudah mengatakan kepada bangsa Israel bahwa kebebasan sudah dipersiapkan oleh Tuhan, bahwa bangsa itu akan menjadi bangsa yang merdeka, tidak lagi menjadi orang buangan di Babel. Tentu inilah yang dinantikan oleh bangsa itu. Pembebasan yang dari Tuhan adalah impian atau harapan umat Allah.

 

Allah sudah berkarya untuk membebaskan umatNya dari pembuangan Babel, itu berarti membebaskan semua anak Tuhan dari belenggu yang mengikatnya. Kita sebagai anak Tuhan tentu ikut juga dibebaskan oleh Tuhan dari dosa yang mengikat kita bahkan dari kematian yang mengancam hidup kita. Lalu menurut firman Tuhan hari ini, apa yang harus kita lakukan sebagai umat yang sudah diselamatkan oleh Tuhan?

 

Yerusalem atau Sion, merekalah yang akan mewartakan kepada dunia ini tentang perbuatan Allah yang menakjubkan itu. Apa yang diwartakan adalah kabar baik, yaitu mengenai keselamatan yang diberikan oleh Tuhan kepada umatNya. Dengan suara nyaring orang yang ada di Yerusalem, putri Sion, akan memberitahukan bahwa Allah sendiri yang bertindak untuk membawa pulang umatNya, Allah sendiri dengan kekuatanNya akan menggiring umat yang sudah berada di bawah kekuasaan musuh selama ini, kembali ke tanah yang sudah diberikan oleh Tuhan.

 

Ini juga yang harus kita wartakan bahwa Allah kita yang Maha Kuasa itu akan menyelamatkan kita umatNya dari musuh dan dari keterikatan yang ada. Allah akan membawa serta menyertai dan menuntun kita di depanNya hingga sampai kepada tujuan. Ini semua karena kasihNya kepada kita. Karena itu mari kita tetap memberitakan kabar baik ini melalui nyanyian, percakapan dan perbuatan kita kepada dunia ini.

 

  1. Mandoding Hal no 312:1

Boru Sion megah ho, megah ho Jerusalem

Ai na roh do Rajamin, Siboan damei Rajamin.

Boru Sion megah ho, megah ho Jerusalem

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS