IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 18 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 18 Desember 2021

1. Doding Haleluya No. 30:1

Hosianna! Anak-ni Raja David roh hubanta
Parandang ma dalanNiin, ase masuk roh hubanta
Baen ma gaba-gaba in, bai Tuhanta na roh in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Kronika 29:13

On pe tarimakasih ma Bamu, Ham Naibatanami, anjaha ipuji hanami ma goran-Mu na marmulia in.
Sekarang, ya Allah kami, kami bersyukur kepada-Mu dan memuji nama-Mu yang agung itu.

4. Renungan

Nas renungan di atas merupakan sebagian dari pujian dan syukur Daud kepada Allah. Selanjutnya Daud mengajak seluruh bangsa Israel untuk memberikan pujian dan penghormatan hanya kepada Allah, karena ia menyadari tentang siapakah Allah sesungguhnya. Allah harus dipuji, karena Allah memiliki kejayaan dan kehormatan. Ia juga dipuji karena kedaulatan-Nya yang dinyatakan melalui kerajaan Israel. Segala kemakmuran dan kesejahteraan berasal dari Allah yang adalah penguasa segala sesuatu. Ia menyadari bahwa Allah besar dan hebat, namun betapa kecil dirinya di hadapan Allah. Sebab itu, Daud sadar, Allah yang layak untuk menerima pujian dan hormat.

Daud dan bangsa Israel memberikan persembahan untuk pembangunan Bait Allah. Itu semua adalah berkat yang mereka terima atas kebaikan Tuhan. Mereka dilayakkan hanya karena kasih karunia Tuhan. Demikian juga jika mereka dimampukan oleh Allah untuk bisa memberikan persembahan adalah karena anugerah Tuhan. Jadi manusia tidak boleh berbangga hati atau menyombongkan apa yang dia persembahkan bagi Tuhan. Karena kemampuannya memberi itupun adalah merupakan karunia-Nya.

Belajar dari Daud dan bangsa Israel kiranya kita menyadari bahwa persembahan yang kita berikan adalah berkat yang berasal dari Tuhan. Jangan mencari pujian atas persembahan yang kita berikan. Mari kita memberikannya dengan kerendahan, ketulusan dan kerelaan hati, karena kerinduan agar nama Allah dimuliakan dan pekerjaan Tuhan terus dinyatakan. Kita juga harus menyadari dalam memberi persembahan kepada Tuhan adalah karena kita telah menerima berkat dari Tuhan, oleh karena kasih karunia-Nya dalam Yesus Kristus. Oleh karena itu mari kita menyampaikan persembahan kita dengan rendah hati, tulus ikhlas dan dengan sukacita. Tetaplah bersyukur dan memuji nama Tuhan yang Agung dan Mulia. Amin.

5. Doding Haleluya No. 398:2

Hosianna ma bai Raja na roh, Puang lima tang na gogoh. Mandoding na porsaya ganup,
megah manomu-nomu.
Amen Haleluya, sai sombah ma Tuhanta Raja na sangap in! Amen Haleluya, sai sombah ma Tuhanta Raja na sangap in! Puji ma Goranni,
Raja Siparmonang. Amen Haleluya, sai sombah ma Tuhanta Raja na sangap in!
Amen Haleluya, sai sombah ma Tuhanta Raja na sangap in!

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 17 Desember 2021 — 13:27