IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 20 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 20 Desember 2021

1. Doding Haleluya No. 248:5

Tarima kasih ma uhurhu Bamu na manondangi au
Hupuji Ham ale Tuhanku itodoh Ham hapeni au
Megah ma tonduyhin nuan dob hutandai Ham

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 5 Musa 32:10

Jumpahsi do ia i tanoh dorging-dorging, i tanoh paraum-aumon i halimisan, Ia do manjagasi anjaha manarihon, iramotkon do ia songon anak ni matani.
DidapatiNya dia di suatu negeri, di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. DikelilingiNya dia dan diawasiNya, dijagaNya sebagai biji mataNya.

4. Renungan

Ayat harian kita hari ini adalah bagian dari nyanyian Musa pada masa-masa akhir hidupnya, yang ingin bercerita dan bersaksi tentang siapa Tuhan dan siapa bangsa Israel yang dipilihNya itu. Nyanyian ini bertujuan agar keturunan bangsa Israel atau umat Allah senantiasa mengingat tentang karya Tuhan yang luar biasa dalam melindungi, memberkati serta menuntun bangsa Israel dalam setiap perjalanan kehidupannya.

Dalam ayat harian hari ini Musa mengungkapkan bagaimana Allah sendiri yang bertindak untuk memilih bangsa itu menjadi umatNya. Bangsa Israel bukanlah bangsa yang berbeda secara fisik dari bangsa lain, tetapi ketika Allah telah memilihnya, maka bangsa itu harus menjalankan apa yang Tuhan perintahkan sehingga mereka berbeda dari bangsa lainnya dalam praktek hidup dan ibadahnya.

Mereka dipilih dari ketidakberdayaan dan keberadaan yang digambarkan dengan istilah ketandusan di padang belantara. Istilah ini mau mengatakan bahwa bukan kekuatan atau kelebihan kita yang membuat kita terpilih, tetapi semata-mata hanya karena kemurahan Tuhan. Bangsa Israel yang kemudian dikenal sebagai bangsa yang tegar tengkuk, ternyata tetap dikasihi Tuhan karena Tuhan sudah memilih. Tentu Tuhan menginginkan mereka berubah dan tetap menjadi bangsa yang terbaik, karena itu Allah tetap menuntun mereka.

Dalam minggu Adven terakhir kita diingatkan bahwa Tuhan hadir karena Tuhan ingin agar umatNya beroleh keselamatan meskipun kita lemah dan terkadang tidak setia kepadaNya. Kasih Tuhan sungguh nyata melalui kelahiran Yesus, Dia tidak membiarkan umatNya binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Karena itu kita yang sudah dipilih menjadi umatNya hendaklah tetap setia termasuk dalam meneruskan kebaikan yang sudah Tuhan berikan khususnya di masa pandemi yang belum berakhir ini. Amin.

5. Doding Haleluya No. 299:2

Domma ipilih Tuhanta ge hita lao manaksihon holongNi tongtong
Domma isuruh Tuhanta ge hita lao mangkatahon hataNi tongtong
Laho ma hita misir ma hita mangambilankon Tuhan parholong in
Ase maluah homa hasomanta gabe manggoluh bai Tuhanta in

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 20 Desember 2021 — 01:54