Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa 28 Desember 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa 28 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 28 Desember 2021

1. Doding Haleluya No 5:1

Hupuji holong ni atei-Mu, o Tuhan Jesus Rajangkin
Bamu huondoskon tonduyhu, ai do napinindo Mu in
Huhalupahon ma diringku mamingkir holong ni atei-Mu,

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Lukas 1:46-47

Jadi nini si Maria ma: Ipatimbul uhurhu do Tuhan in! Marmegah-megah do tonduyhu mangidah Naibata, Sipaluah ahu.
Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku”.

4. Renungan

Salah satu nyanyian yang paling indah yang terdapat dalam Alkitab adalah Nyanyian Maria yang sering juga disebut dengan “Magnificient” yang dinyanyikannya sebagai refleksi atau respons atas kesetiaan Allah dalam semua perbuatan-Nya. Dalam hal ini Maria menyambut dengan tulus ikhlas atas ditetapkannya dirinya menjadi ibu bagi Juruselamat yang telah dijanjikan Tuhan. Walaupun dia mengemban tugas yang istimewa ini dan oleh karenanya semua generasi akan menyebutnya sebagai perempuan yang diberkati dan berbahagia, namun dia tetap bersikap rendah hati dan tidak menyombongkan diri karena dia tahu bahwa semuanya ini akan terjadi hanyalah oleh “Yang Mahakuasa yang telah melakukan perbuatan-perbuatan besar, Allah satu-satunya yang Maha Kudus dan nama-Nya penuh kemuliaan. Maka dalam nyanyiannya ini Maria ingin membesarkan Allah dan kasih karunia-Nya yang agung, perbuatan-Nya yang ajaib, kasih dan cinta-Nya terhadap manusia yang berdosa dan hina serta kesetian-Nya yang tetap sepanjang masa dari generasi ke generasi.

Allah dalam kasih karunia-Nya yang besar mengangkat dan menaikkan derajat orang yang tulus dan rendah hati seperti Maria. Maka Maria memuliakan dan bersukacita di dalam Tuhan karena melalui Anak yang akan dikandung-Nya yaitu Yesus Kristus, Allah akan menganugerahkan keselamatan bagi dunia dan orang-orang yang telah mati di dalam dosa.

Nyanyian-nyanyian kita yang tidak terhitung banyaknya, termasuk nyanyian-nyanyian Kristiani, seringkali berfokus pada: apa yang telah kita perbuat, apa yang kita butuhkan dan apa yang menjadi keinginan dan harapan kita di dalam kehidupan ini. Melalui nas hari ini kita diingatkan tentang pentingnya juga kita memusatkan perhatian dan pikiran kita pada Allah, Pencipta, Pemelihara dan Juruselamat kita dan menyanyikan perbuatan-perbuatan-Nya yang begitu besar terhadap kita. Seyogianyalah kita tidak lupa juga menyanyikan nyanyain seperti “Sungguh Besar Kau Allahku” atau “Besar Setia-Mu” dan nyanyian-nyanyian lainnya yang mengingatkan kita bahwa Allah adalah “Bapa yang Baik” dan Kristus sendiri adalah “Batu Karang yang Teguh”. Memang Allah kita sungguh baik dan Dia tetap mengasihi dan memelihara kita. Maka marilah kita bersukacita hari ini dan hari-hari selanjutnya di sepanjang hidup kita. Amin.

5. Doding: O Naibata Sangap do Ham (KJ.64):1+3

O, Naibata gok longang do uhurhu
Anggo huidah tinompa-Mu in
Ganupan bintang, hilap pakon longgur
Pataridahkon hasangapon-Mu
Ref. Mandoding au Tuhan mamuji Ham
O, Naibata, sangap do Ham
Mandoding au mamuji-muji Ham
O, Naibata, sangap do Ham
Anggo hudingat banggal ni holong-Mu
Marhitei Jesus na tarsilang in
Durus daroh-Ni bahen tobus nami
Gabe maluah au hinorhonNiin
Ref. Mandoding au Tuhan mamuji Ham
O, Naibata, sangap do Ham
Mandoding au mamuji-muji Ham
O, Naibata, sangap do Ham

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS