Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 31 Desember 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 31 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 31 Desember 2021

1. Doding Haleluya No. 46:1 “Satahun Use Ma Surutni”

Satahun use ma surutni, surut homa ma umurhin
Naha do au na sain dokahni, margagan do parlahouhin
Ganda do haporsayaonku ‘ge holong ni ateihu pe
Bai Jesus pakon Naibatangku, ‘pa bai hasomankin ale

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jeremia 29:11

Ai Hubotoh do torang sura-surang-Ku pasal hanima,” nini Jahowa, “Ai ma sura-sura hadearon, sedo hamagouan, laho parsirsirhon bannima parsaud ni na niarapkonnima.
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

4. Renungan

Hari ini adalah hari yang terakhir pada tahun 2021. Kita tahu dan percaya bahwa sejak hari pertama hingga hari terakhir ini, itu adalah anugerah yang diberikan Tuhan bagi kita. Tuhanlah yang melayakkan dan menghantarkan kita dari sehari ke hari yang lain hingga kita sampai pada penghujung tahun ini. Tentu kalau kita hitung ada begitu banyak pengalaman yang kita lalui sepanjang tahun ini, ada suka dan ada duka. Ada banyak pencapaian dan kegagalan, ada rencana kita yang terlaksana dan mungkin ada yang belum.

Sebagai orang percaya kita meyakini bahwa hidup kita berjalan sesuai dengan rencana dari Tuhan bukan semata-mata sesuai dengan apa yang kita tetapkan. Belajar dari pengalaman bahwa Tuhan turut campur tangan dalam perjalanan hidup kita, sebab rancangan Tuhan adalah rancangan damai sejahtera bukan kecelakaan, yang memberikan hari depan yang penuh harapan.

Tuhanlah yang pegang kendali dalam hidup kita dan tidak ada yang dapat menggantikannya. Bagaimanapun yang kita alami kita percaya bahwa Tuhan tetap hadir dan berkarya bagi kita. Sebab ada banyak hal yang tidak dapat dikendalikan manusia yang terjadi di alam semesta ini namun Tuhanlah di balik semuanya itu. Waktu yang masih terus berjalan, matahari bersinar, udara yang kita hirup, peristiwa alam lainnya yang tersedia tanpa campur tangan manusia. Manusia hanya bisa menikmatinya sebagai anugerah pemberian Tuhan.

Jika sepanjang tahun 2021 ini kita sudah berjalan bersama dengan Tuhan, maka beberapa jam lagi kita akan memasuki tahun yang baru tahun 2022, kita juga berserah dan percaya dalam pertolongan Tuhan yang akan menghantarkan kita dan menuntun kita untuk menjalani hidup kita seturut dengan rancangan Tuhan. Biarlah hati dan roh kita berada dalam kendali dan penyertaan tangan Tuhan, sebab semua terbuka di hadapan Tuhan. Mungkin ada keraguan dan ketidaktahuan bagi kita, tetapi bagi Tuhan semuanya jelas tentang jalan yang akan kita lalui. Maka percayakanlah hidupmu seluruhnya pada Tuhan, sehingga kita menjalaninya dengan hati yang bersukacita, diberkati Tuhan. Selamat memasuki tahun yang baru 2022. Amin.

5. Doding Haleluya No. 48:1 “Naibata Hasomanmin”

Naibata hasomanmin, lao mangkorjahon horjamu
Ia do pangajamanmu, sai patoruh uhurmi
Naibata hasomanmin, Naibata hasomanmin

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS