IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu 29 Desember 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 29 Desember 2021

1. Doding Haleluya No.6:1-2

Ham do ipuji uhurhon Jahowa Tuhankin
Huambilankon do tongtong, ganup binaen-Mu in

Hubotoh Ham do bona ni na dear haganup
Ibere Ham buei hunjin bannami haganup

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 31:2

Paeleng Ham ma pinggol-Mu hu bangku, tarolos ma Ham paluahkon ahu. Ham ma bangku dolog-batu paronding-ondingan, gabe benteng na toguh laho paluahkon ahu.
Sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, bersegeralah melepaskan aku! Jadilah bagiku gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku!

4. Renungan

Segala sesuatu yang buruk bisa saja menimpa kita dan kita tidak dapat menghindar dari semua keadaan tersebut. Walaupun kita sebagai umat Tuhan, bukan berarti kita terluput dari tantangan, ancaman dan gangguan dalam hidup kita. Namun bukan berarti juga semua yang berat itu membuat kita pesimis dan menyerah dalam menjalani kehidupan ini. Apalagi di saat kita hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri, maka itu sangat rapuh dan mudah membuat kita lemah. Karena kekuatan manusia terbatas dan dalam kondisi-kondisi seperti itu kadang muncul kelelahan, goncangan-goncangan batin, kebimbangan dan ketidakpastian.

Bagi orang-orang beriman tentunya akan selalu mempunyai alternatif pilihan. Pikiran tidak akan pernah buntu, karena kita mempunyai Tuhan yang berkuasa, Allah yang peduli. Seperti pengakuan pemazmur dalam ayat harian ini, Allahlah yang menjadi tempat perlindungan baginya. Keyakinan sekaligus pengakuan iman ini bukan tanpa alasan, sebab ada pengalamam dari pemazmur dengan Tuhan. Bukan ketakutan ataupun pesimistis yang keluar dari mulutnya, melainkan pengakuan akan kehebatan Tuhan.

Tempat perlindungan memiliki makna yang sangat penting bagi setiap kita yang ada dalam masalah dan pergumulan. Menurut pemazmur, tempat yang paling aman sebagai tempat perlindungan adalah Allah kita. Kita tidak akan pernah ditinggal sendiri oleh-Nya, Dia menjadi Pelindung sejati bagi setiap orang yang mengandalkanNya. Mengandalkan Allah adalah langkah untuk memadamkan segala ketakutan dan kekhawatiran yang membelenggu.

Satu-satunya tempat teraman itu adalah hadirat Tuhan, bersama dengan Allah kita bisa merasakan ketenangan, kenyamanan dan kekuatan baru. Apa yang ada di dunia ini tidak bisa diharapkan. Berlindung dalam Firman-Nya serta percaya kepada-Nya akan membawa kita kepada kemenanagan atas persoalan apapun yang tengah kita hadapi. Berbahagialah orang yang mengimani bahwa Tuhan adalah kekuatannya, karena Allah akan selalu hadir membela dan menolong dengan penuh kasih-setiaNya. Amin

5. Doding Haleluya No.271:1

Naibatangku hasomanku bai arian borngin pe
Ipatorsa do langkahku ase tahan au hape
Sai tenger do uhurhin, Naibata hasomankin
Sadokah-dokahni in

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 29 Desember 2021 — 08:12