Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 3 Januari 2022

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 3 Januari 2022

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 3 Januari 2022

 

  1. Mandoding Hal no 48:1

Naibata hasomanmin, lao mangkorjahon horjamu

Ia do pangajamanmu sai patoruh uhurmin

Naibata hasomanmin, Naibata hasomanmin

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: 1 Raja-raja 8 : 61

Halani ai sai gok bani Naibata Jahowa in ma ganup uhur nasiam, marparlahou ma nasiam ibagas titahNi, anjaha ramotkon nasiam ma ganup parentahNi, songon sadari on.

Dan hendaklah kamu berpaut kepada Tuhan, Allah kita, dengan sepenuh hatimu dan dengan hidup menurut segala ketetapanNya dan dengan tetap mengikuti segala perintahNya seperti pada hari ini.

 

  1. Renungan

Ketika kita memasuki tahun yang baru, kita semua mempunyai harapan atau keinginan agar perjalanan hidup kita di tahun yang baru ini lebih baik dan lebih cemerlang. Harapan itu bukan hanya muncul dari diri kita masing-masing tetapi juga dari keluarga kita dan dari teman baik kita. Ketika masih ada yang berharap akan kebaikan, maka itu berarti kita masih siap untuk melakukan dan menerima hal yang lebih baik dalam hidup kita.

 

Raja Salomo sebagai pemimpin bangsa Israel juga menginginkan agar bangsa itu bisa tetap menunjukkan identitas mereka sebagai umat pilihan Allah. Raja Salomo menaikkan doanya kepada Tuhan yang meninginkan agar Tuhan tetap menyertai dan memberkati bangsa itu. Tetapi di samping itu Raja Salomo juga menginginkan agar bangsa yang terpilih itu tetap setia kepada Tuhan dan kepada perintahNya.

 

Penegasan akan keberadaan dan kesetiaan ini diminta raja Salomo kepada bangsa itu karena dia sudah merasakan bagaimana Allah begitu baik kepada bangsa itu dan kepada dia selaku raja Israel. Pembangunan rumah ibadah di Jerusalem juga bisa dilakukan karena kebaikan Allah dan tabut perjanjian juga sudah berada di dalamnya. Karena itu bangsa Israel yang memiliki identitas yang jelas selaku umat Allah haruslah memberi diri atau berpaut kepada Allah.

 

Tentu kita juga merasakan bagaimana Allah itu baik bagi kita dan bagaimana Allah bekerja dengan caraNya yang luar biasa kepada kita. Firman hari ini mengajak kita untuk lebih menunjukkan komitmen kita kepada Allah dan melakukan apa yang baik dan benar bagi Allah. Di awal tahun yang baru ini juga kita diminta untuk menyatakan kesetiaan kita kepadaNya agar Allah juga tetap memberkati dan menyertai perjalanan kita sepanjang tahun ini.

 

  1. Mandoding Hal no 339:3

Ai pintor uhumMu bai harajaonMu

In ihutkononku baen hagoluhanku

Dob tangkas hubotoh sonang i lambungMu

Ai pintor uhumMu bai harajaonMu

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS