IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 5 Januari 2022

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 5 Januari 2022

1. Doding Haleluya No. 327:1

Marpangusandeian bani Tuhan in, puji sai pasangapma goran-Ni in
Monang halani hata-Ni Tuhan in, mangarapkon parpadanan in
Sai mangarap, bani padanni Tuhanta Jesus Kristus
Sai mangarap ma hita bai partobusonNi in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jeremia 27:5

Ahu do, marhitei gogoh-Ku na banggal in ampa marhitei tangan-Ku na gostong in manjadihon tanoh on, jolma ampa pinahan na I tanoh on, anjaha Hubere do ai bani atap ise harosuh ni uhur-Hu.
Akulah yang menjadikan bumi, manusia dan hewan yang ada di atas muka bumi dengan kekuatan-Ku yang besar dan lengan-Ku yang terentang, dan Aku memberikannya keada orang yang benar di mata-Ku.

4. Renungan

Karya Allah adalah karya yang tak terselami. Hanya dengan Firman, Dia menciptakan dunia ini. Dia menjadikan segalanya baik adanya; artinya sesuai yang dikehendaki-Nya terjadi atas ciptaan itu. Itulah Allah kita yang dasyat kuasanya, bahkan yang seringkali tak terselami karya kasih-Nya dalam hidup kita. Kemahakuasaan Allah adalah ungkapan yang menjelaskan kemuliaan, keagungan, kehormatan yang tidak dapat dibandingkan atau disejajarkan dengan apapun juga. Kebesaran Allah dapat dibuktikan lewat bebagai karya-Nya atas umat manusia. Sejak awal, Allah menciptakan manusia sesuai dengan pola Allah sendiri. Allah yang adalah pencipta menjadikan manusia ciptaan-Nya,sama seperti DIA dan lebih dari itu manusia yang adalah ciptaan Allah dijadikan mitra atau rekan sekerja Allah. Menjadi mitra Allah artinya, bahwa manusia mempunyai hak yang sama dengan Allah dalam pengelolaan dunia ini.

Selain itu ketika manusia jatuh ke dalam dosa atas bujukan iblis dan menggagalkan rencana Allah dengan mencobai manusia yang berakibat pada kejatuhan manusia ke dalam dosa. Namun di saat manusia jatuh ke dalam dosa, Allah membuat program keselamatan bagi manusia. Selain itu kemahakuasaan Allah Nampak dalam rencana penyelamatan atas dosa manusia. Allah menjanjikan keselamatan lewat keturunan Hawa. Allah menyediakan pengampunan. Di saat manusia terus berbuat dosa dan dunia tidak mampu diselamatkan oleh siapapun, Allah menyediakan keselamatan lewat Yesus Kristus.

Dalam nas renungan ini Allah hendak menyatakan kemahakuasaannya terhadap bangsa-bangsa yang dipakai oleh Tuhan dalam menghukum bangsa Israel atas perbuatan dosa mereka. Namun di satu sisi, Dia juga menegaskan haknya yang tidak terbantahkan untuk melenyapkan kerajaan-kerajaan yang ada di dunia sesuka hati-Nya. Ia adalah pencipta segala sesuatu. Ia telah menciptakan bumi ini, menegakkannya dan memberi bumi untuk dihuni oleh makhluk hidup. Oleh karena itu, segala sesuatu yang ada didunia ini alah tunduk kepda-Nya. Ia dapat memberikan dan menyerahkan harta milik dan kekuasaan kepada siapa saja yang diperkenan-Nya. Sebagaimana dengan murah hati ia telah memberikan bumi ini kepada anak-anak manusia pada umumnya, begitu jugalah ia akan memberikan kepada masing-masing bagiannya atas hal itu, baik lebih maupun kurang. Dalam menjalani tahun 2022 ini Janganlah takut dan bersungut-sungut kepada Tuhan. Dia tahu apa yang menjadi kebutuhan kita kemahakuasaan-Nya sangatlah cukup dalam memberkati dan memberikan yang tebaik dalam kehidupan kita. Amin.

5. Doding Haleluya No.458:1

Bai ganupan sidalananmu in, Jesus ma baen hasomanmu
Iparorot do ham tongtong ijin, ronsi ondos bai tujuanmu
Ge daoh mahol sidalananmin, ulang ham mandolei ijin
Seng boi sotto ham bahenonni in, asal Jesus baen hasomanmin

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 5 Januari 2022 — 09:29