IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 8 Januari 2022

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 8 Januari 2022

1. Doding Haleluya No. 56:1

Marmalas ni uhur hita, haganupan Kristen in
Sai na puji ma Tuhanta, na manasap dousa in
Iarahkon Jesus in, hita hu Kuria in
Ai ijalo Naibatanta, songon anak pakon hita.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 130:4

Tapi Bamu do hasasapanni dousa, ase ihabiari halak Ham.
Tetapi pada-Mu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang.

4. Renungan

Ayat hari ini adalah sebagian dari mazmur-mazmur pertobatan, yang kadang-kadang digunakan oleh para petobat ketika mereka diterima masuk ke dalam jemaat. Setiap orang pernah melakukan kesalahan, yang mendatangkan penderitaan atas orang lain, mengancam hidup di dunia ini. Terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan dengan sengaja dengan memilih jalan yang sesat, memberontak. Namun ada juga kesalahan yang disebabkan kebodohan. Kesalahan-kesalahan itu akan memisahkan manusia dari pada Tuhan, menghindari suara pendoa sampai pada telinga-Nya dan menyebabkan manusia tenggelam dalam lautan kesia-siaan, seandainya Tuhan mengingat segala macam kesalahan itu.

Oleh sebab itu pemazmur sedang menyuarakan doa pengakuan dosa pribadi dan memohon pengampunan kepada TUHAN. Tuhan sendiri “menjauhkan pelanggaran,” membuka kesempatan agar orang kembali hidup di hadapan-Nya. TUHAN itu baik, suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru pada-Nya. Tuhanlah yang mengambil prakarsa dan resiko dalam memulihkan hubungan supaya Ia ditakuti orang. Pemazmur menggunakan rumus “takut akan Tuhan” dalam arti hormat dan bertanggungjawab kepada TUHAN.

Nas di atas oleh Martin Luther dan John Wesley dipuji sebagai mazmur pertobatan karena isinya sesuai dengan pesan Injil: Allah di dalam Yesus Kristus menyelamatkan dan mengampuni. Ini juga diakui gereja: kedahsyatan pengampunan Allah itu terletak pada pengurbanan Kristus yang tak bersalah agar semua dosa manusia dihapuskan dan diampuni. Sebab itu jangan mencari jalan keluar dari pergumulan dosamu dari siapapun juga. Hanya Kristus yang sanggup dan mau mengampuni dan menyelamatkan Anda dan saya. Ia memberikan hidup yang kekal kepada setiap orang percaya akan Dia, di dalam rumah Bapa-Nya tidak ada lagi jurang pemisah, hanya Roh yang mempersatukan kita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 451:1

Sihol do uhurhu, patimbulhon Ham Jahowa, na pagoluhkon au pardousa
Sanggah na hudilo, goran-Mu lao mangurupi, sirsir do Ham roh mambalosi
Itogu Ham do au humbai lumbang bagas, in ma ianan hagolapan
Sai boban Ham ma au hu nagori atas, ase tongtong marhasonangan.

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 7 Januari 2022 — 21:01