Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

Ephorus GKPS Berpesan Agar Seluruh Penginjil GKPS Cakap Teknologi di Era Revolusi Industri

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

Ephorus GKPS Berpesan Agar Seluruh Penginjil GKPS Cakap Teknologi di Era Revolusi Industri

PEMATANGSIANTAR.GKPS.OR.ID. Sidang Majelis Penginjil GKPS tahun 2022 dibuka pada Rabu (12/1) pagi pukul 8 tepat, di Balei Harungguan Kantor Pusat GKPS. Persidangan ini dihadiri anggota majelis Penginjil GKPS yang melayani di seluruh wilayah Indonesia, dan persidangan dilaksanakan dalam bentuk on site dan on line.

Selain dihadiri oleh Ketua Majelis Penginjil GKPS Rosmalina Damanik, S.Si. Teol, M.Pd.K, turut hadir juga pada acara pembukaan Pimpinan Sinode GKPS -Ephorus Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba dan Sekjend Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe-, Kepala Biro Administrasi Pdt. Sarinus Sipayung, S.Th, Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga, SH, MH.

Rangkaian acara sidang Majelis Penginjil GKPS diawali dengan ibadah pembukaan, yang dipimpin oleh Pdt. Tri Putri Ida Saragih Kadep Pembinaan. Dalam khotbahnya Pdt. Putri menekankan pentingnya menggunakan talenta untuk menopang orang lain, mencintai gereja dan pemilik gereja itu sendiri (Yesus Kristus) serta hadir memberi solusi.

“Sama seperti Petrus yang oleh karena kecintaannya kepada Tuhan, maka dalam pelayanannya tidak ada tawar-menawar baginya dalam melakukan pekerjaan pemberitaan firman Tuhan. Kehadirannya segera memberi solusi”, terang Pdt. Putri yang kini bertugas sebagai Kepada Departemen Pembinaan GKPS ini.

Ephorus GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba dalam sambutannya mengajak agar seluruh Penginjil GKPS cakap teknologi di era revolusi industri ini.

“Perubahan yang terjadi di dunia ini membuat kita (Penginjil) harus berubah secara drastis,  karena era sekarang ini orang akan semakin dicerahkan untuk menguasai teknologi, yang walaupun tritugas panggilan gereja tidak mengalami perubahan, tapi konteks pelayanan gerejalah yang terus berubah, hingga memaksa gereja untuk terus membaharui metode dan strategi pelayanannya. Dengan demikian SDM para pelayan gereja juga harus selalu diperhatikan perkembangannya”, ucap Ephorus.

Selain itu Pdt. Deddy Fajar Purba juga mengharapkan para Penginjil di GKPS mengembangkan kapasitas dan keterampilan guna mendukung pelayanannya agar Penginjil menjadi berkat di tengah-tengah dunia ini.

“Ke depan inang Penginjil harus meningkatkan kapasitas yang ada pada dirinya sehingga bisa menjadi berkat di tengah-tengah jemaat. Dengan demikian tugas Penginjil tidak cukup hanya berkhotbah, mendoakan jemaat, namun juga mengembangkan berbagai keterampilan dan hal ini menjadi tanggungjawab bersama”, tegas Ephorus yang di damping oleh Sekjend.

Sementara itu Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga SH, MH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh warga dan pelayan GKPS dalam membangun Kabupaten Simalungun. Bupati menyampaikan kekhawatirannya tentang bersimalungun (hasimalungunon). Untuk itu Radiapoh berharap agar seluruh pihak termasuk di dalamnya GKPS, ikut berkontribusi membangun Kabupaten Simalungun, khususnya dalam hal semangat bersimalungun.

“Situs-situs sejarah Simalungun banyak yang tidak terpelihara. Belum lagi soal minimnya arsip dan dokumentasi tentang Simalungun, menandakan bahwa masih banyak hal yang menjadi PR kita ke depan dalam memajukan hasimalungunon. Melalui GKPS saya kira kita bisa membangkitkan semangat hasimalungunon, karena kita tidak mau hanya slogan-slogan saja, sipungkah huta katanya-sijolom suhul katanya, tapi kita tidak mau bergerak, tidak melakukan aksi” ucap Radiapoh.

Sebelum Bupati mengakhiri sambutannya, Ia mengharapankan dan berdoa agar pelaksanaan Sidang Majelis Penginjil GKPS tahun 2022 berjalan dengan lancar serta menghasilkan rumusan-rumusan yang baik terhadap GKPS.

“Harapan kita dan doa kita bersama seperti yang saya sampaikan, semoga sidang ini membuat keputusan-keputusan yang terbaik demi dan untuk kebaikan GKPS, tutup Radiapoh Sinaga, yang juga merupakan Sintua di GKPS.

Sidang Majelis Penginjil GKPS Tahun 2022 ini berlangsung dari tanggal 12-13 Januari 2022, di Balai Harungguan Kantor Pusat GKPS, dengan agenda: Ibadah, Ceramah dengan topik Tema dan Sub Tema GKPS serta Pemberdayaaan SDM Penginjil GKPS sebagai Motivator, Kongsi Marsiurupan Penginjil GKPS dan Periodesasi Pengurus, Sosialisasi Tupoksi Penginjil-Tata Kerja Penginjil-Badan Kehormatan Majelis Penginjil, Sharing tentang Memaksimalkan Kolaborasi Pelayan, serta Rencana Tindak Lanjut terkait seluruh agenda persidangan.

Perlu kami informasikan bahwa pada pembukaan Sidang Majelis Penginjil GKPS tahun ini diadakan acara emeritasi kepada 6 orang Penginjil, yakni: Penginjil Roslinda Saragih, Penginjil Sartianna Purba, Penginjil Dertina Saragih, Penginjil Nurlinda Turnip, Penginjil Limerdame Purba, dan Penginjil Kastaria Saragih.

 

Pewarta: Pdt. Bima Gustav Saragih