IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 22 Januari 2022

1. Mandoding Kidung Jemaat No. 454:1

Indahnya saat yang teduh menghadap takhta Bapaku:

kunaikkan doa pada-Nya, sehingga hatiku lega.

Di waktu bimbang dan gentar, jiwaku aman dan segar;

ku bebas dari seteru di dalam saat yang teduh.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: 2 Korint 9:8

“Ai markuasa do Naibata mambere unjah sagala pasu-pasu bani nasiam, ase sungkupan nasiam tongtong bani haganup, anjaha marlobih-lobih nasiam bani ganup horja na madear.”

“Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.”

 

4. Renungan

Di dalam kehidupan orang percaya tidak terlepas dari menerima dan memberi melalui persekutuan dan relasi dengan Tuhan dan sesama. Allah telah memberikan keselamatan dari dosa melalui Putera-Nya Yesus Kristus. Tuhan juga telah memberikan berkat jasmani, yaitu kesehatan, finansial, dan lain-lain. Paulus menyajikan suatu dasar teologis dan alkitabiah bagi permintaannya dalam masalah keuangan. Ia mengatakan bahwa setiap orang yang memberi dengan bebas akan mengambil manfaat dari pemberian yang sama.

Selanjutnya rasul Paulus menasehati jemaat Korintus agar menandingi kemurahan hati orang Makedonia yang dengan sepenuh hati telah menyumbangkan persembahan yang telah dikumpulkannya untuk orang Kristen yang menderita di Yerusalem. Di ayat 7 Paulus mengingatkan agar dalam memberikan persembahan tersebut hendaklah menurut kerelaan hati, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan; sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Secara khusus melalui ayat 8 ini dinyatakan bahwa orang percaya yang memberi menurut kemampuan mereka untuk menolong orang lain yang membutuhkan akan menemukan bahwa kasih karunia Allah akan mencukupi kebutuhan mereka sendiri, bahkan lebih banyak lagi, supaya mereka berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.

Semakin bertambah pergumulan yang dihadapi jemaat dan warga jemaat. Dalam situasi tersebut, kita diingatkan agar memberikan persembahan yang terbaik bagi pelayanan dan pembangunan jemaat yang dilandasi keterbukaan dan tanpa paksaan. Tuhan tidak melihat besar kecilnya persembahan melainkan motivasi dan ketulusan hati. Kita tidak boleh hitung-hitungan dengan Tuhan, apalagi menahan berkat yang seharusnya kita salurkan kepada yang berhak menerima. Sebab ketika kita memberi dengan kasih maka kita akan memperoleh kelimpahan anugerah dari Allah. Kiranya Tuhan memperkaya kita dengan kerinduan menjadi berkat. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 497:1

Holongni Jesus manggomgom ganup Kuria, na patotapkon hasadaonta in.

Damei-Ni in ma manrahut paruhuranta, idop ni uhur batar-batarta in.

Damei-Ni in ma manrahut paruhuranta, idop ni uhur batar-batarta in.

 

6. Tonggo Ham Bapa Nami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 21 Januari 2022 — 10:55