IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 24 Januari 2022

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 24 Januari 2022

 

  1. Mandoding Hal no 6:1

Ham do ipuji uhurhon Jahowa Tuhankin
Huambilankon do tongtong, ganup binaen-Mu in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 96 : 1

Dodingkon nasiam ma sada doding na bayu bani Jahowa, dodingkon nasiam ma Jahowa, ale ganup tanoh on!

Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan, hai segenap bumi!

 

  1. Renungan

Semua orang suka bernyanyi atau setidaknya suka mendengar nyanyian. Bahkan ketika masih bayi orang tua suka menyanyikan lagu yang bisa menina-bobokkan anaknya, atau memutar lagu-lagu klasik yang katanya bisa membantu pertumbuhan otak bayi. Kita juga mengakui bahwa salah satu ciri khas orang Kristen adalah dengan nyanyiannya. Orang Kristen selalu menaikkan lagu pujian sejak Sekolah Minggu sampai kegiatan para lansia.

 

Dalam buku Mazmur ini selalu disebutkan tentang seruan kepada umat Allah untuk bernanyi, khususnya bernyanyi untuk Tuhan atau menyanyikan Tuhan. Ketika umat bernyanyi untuk Tuhan, maka memang di situlah umat Israel memperjelas keberadaan mereka sebagai umat pilihan Tuhan, karena melalui nyanyian itu mereka juga menyatakan pengakuan imannya.

 

Ketika pemazmur bahwa agar umat Allah menyanyikan nyanyian baru, itu sangat wajar karena setiap saat kita merasakan karya Tuhan sehingga tidak sulit untuk menyanyikan nyanyian baru. Tentu kita tidak harus menciptakan lagu tetapi pasti ada hal yang baru yang bisa kita ungkapkan tentang Tuhan dalam hidup kita yang menunjukkan ucapan syukur kita bagiNya.

 

Sebagai umat Allah kita harus tetap menyatakan jati diri kita sebagai umatNya yang hanya memuji dan memuliakan nama Tuhan. Banyak hal yang bisa kita ungkapkan tentang perbuatan Allah dalam hidup kita, karena itu biarlah kita naikkan ucapan syukur kepadaNya. Ketika kita memberi waktu dan kehidupan kita untuk menyanyikan Tuhan, maka itu akan menolong kita untuk mendekatkan diri pada Tuhan serta memperbaharui kehidupan kita.

 

Saat ini kita masih bergumul dengan penyebaran virus Corona bahkan dengan varian baru, tetapi itu janganlah menghambat kita untuk bernyanyi bagi Tuhan. Nyanyian kita tentang kebaikan Tuhan bisa membuat kita lebih kuat dalam menghadapi situasi yang belum menentu. Dengan bernyanyi, bukan hanya tubuh kita yang bekerja tetapi hati dan jiwa kita juga. Hal ini akan menguatkan kita dalam menghadapi pergumulan.

 

  1. Mandoding Hal no 408:1

Haleluya puji ma Tuhan, pasangap marhiteihon gondrang na laingan
Irandu pakon inggou na lurlur homa tangaron
Dodingkon ma doding na baru, Puji ma Ia bai hotakNi na ibabou
Janah olobkon ma riap marmalas uhur.
Sai tarbarita baen goran-Ni, Gok halongangan ganup jadi-jadian-Ni
Puji Tuhan Haleluya!

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 23 Januari 2022 — 13:16