GKPS Pamatang Tambun Raya Menerima Galangan Pembangunan Dua Gereja

PEMATANGSIANTAR. GKPS. OR. ID. Pada Kamis (27/1) siang, bertempat di Balai Harungguan Kantor Sinode GKPS, Jl. Pdt. J. Wismar Saragih, Pimpinan Sinode GKPS yang diwakili oleh Kepala Biro Administrasi Pdt. Sarinus Sipayung dan Kepala Biro Keuangan Pdt. Liharson Sigiro menyerahkan panggalangan (persembahan) pembangunan dua gereja kepada GKPS Pamatang Tambun Raya Resort Horisan Tambun Raya.

Bantuan galangan pembangunan dua gereja ini diterima langsung oleh Pengantar Jemaat GKPS Pamatang Tambun Raya St. Biduard Damanik, dan disaksikan Pendeta GKPS Resort Horisan Tambun Raya Pdt. Cerimita Saragih dan Praeses GKPS Distrik IX Pdt. Etty Saragih.

St. Biduard Damanik menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pimpinan Sinode dan seluruh warga GKPS yang telah bersedia membantu pembangunan gereja GKPS Pamatang Tambun Raya melalui program panggalangan se-GKPS untuk pembangunan 2 gereja. Apalagi mengingat kondisi jemaat yang hanya beranggotakan 35 kepala keluarga.

“Kami GKPS Pamatang Tambun Raya merasa bersyukur menerima ini (bantuan persembahan) padahal kami beranggotakan 35 kk, 26 kk tangga dear, dan 9 kk tangga etek”, terang Biduard.

Hal yang sama juga disampaikan Pdt. Cerimita Saragih. Ia turut mengucapkan terima kasih serta mendorong agar pembangunan segera diselesaikan mengingat kondisi bangunan fisik gereja cukup memprihatinkan.

“Setiap minggunya kami berdoa persiapan ibadah di halaman gereja mengingat ruang konsistori yang hampir ambruk. Untuk itu kami berterima kasih kepada Pimpinan Sinode yang telah menghunjuk GKPS Pamatang Tambun Raya menerima bantuan galangan ini. Semoga dengan bantuan ini pembangunan segera terselesaikan” ucapnya.

Sementara itu dalam sambutanya, Preases GKPS Distrik IX menyatakan kesiapannya untuk membantu proses pembangunan/ renovasi gedung gereja GKPS Pamatang Tambun Raya.

“Sebagai Praeses GKPS Distrik IX saya siap membantu agar pembangunan gedung gereja GKPS Pamatang Tambun Raya selesai, dan saya yakini dibalik ini semua kita belajar bagaimana Allah menolong umat-Nya”, ucapnya.

Mewakili Pimpinan Sinode, Pdt. Sarinus Sipayung dalam sambutannya menyampaikan bahwa galangan yang telah terkumpul merupakan bentuk solidaritas se-GKPS untuk mendukung pembangunan gereja demi kemuliaan nama Tuhan. Oleh sebab itu Pdt. Sarinus menghimbau agar jemaat GKPS Pamatang Tambun Raya membangun kecintaan terhadap gerejanya.

“Setiap jemaat hendaknya memiliki tanggung jawab untuk merawat dan memelihara gereja, serta mampu mengelola gereja dengan baik, bukan hanya untuk tempat bersekutu melainkan juga dipakai untuk perwujudan tritugas panggilan gereja”, pintanya.

Ditambahkannya, pemanfaatan gedung gereja juga harus dimaknai sebagai sarana umat percaya untuk bersekutu, sebab dalam proses pembangunan Allah turut menunjukkan pemeliharaan-Nya atas umat-Nya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pdt. Sarinus Sipayung mengharapkan agar setelah selesai pembangunan gereja, jemaat GKPS Pamatang Tambun Saribu memikirkan untuk menambah asset tanah yang peruntukannya dikelola mendukung industri pariwisata.

“Danau Toba sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata internasional, dan ini peluang bagi gereja GKPS di sekitaran danau Toba untuk menghasilkan keuangan yang mandiri dari industri pariwisata”, ucapnya.

Perlu kami informasikan persembanhan yang terkumpul pada program panggalangan se-GKPS untuk pembangunan dua gereja pada tahun 2021 sebesar Rp. 48.934. 422, di mana realiasasi penyerahannya pada tahun 2022 dan akan dibagi kepada dua gereja, yakni GKPS Pamatang Tambun Raya Resort Horisan Tambun Saribu dan GKPS Gaol Resort Haranggaol.

Pewarta: Vik. Pdt. Tania Saragih

Updated: 28 Januari 2022 — 15:04