IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 29 Januari 2022

1. Mandoding Haleluya No. 255:1
Hulobei ni Tuhanku huboan diringkon;
Ai Ia do Rajangku sigomgom uhurhon.
Sai guru bai tangan-Ni ganupan langkahkin;
Sai holongni atei-Ni, patorsa goluhkin.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Epesus 1:11
“Ibagas Ia do ipilih hita, na dob tinontuhonNi hinan domu hubani sura-suraNi, ai ma Naibata sipasaud haganupan ai, domu hubani rosuh ni uhurNi,”

“Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan – kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya-”

4. Renungan
Jemaat Tuhan,
suatu sukacita bagi suatu bangsa jika menjadi bangsa pilihan Tuhan. Sebab itu, hal yang wajar jika bangsa tersebut menyampaikan ucapan syukur melalui perkataan dan perbuatan yang menyenangkan hati Tuhan. Demikianlah rasul Paulus mengajak bangsa pilihan Tuhan melalui Yesus Kristus, yakni orang-orang Kristen keturunaan Yahudi dan orang-orang Kristen bukan keturunan Yahudi, untuk menyatakan puji syukur kepada Tuhan. Karena keterpilihan mereka semua sebagai anak-anak Tuhan adalah anugerah Tuhan dan merupakan berkat rohani dari Tuhan. Paulus mengatakan bahwa Israel dipilih Tuhan supaya menjadi saksi di dunia tentang pengharapan akan Mesias. Paulus berkata “kami,” karena Paulus sendiri memang termasuk dalam bangsa terpilih itu. Kemudian dalam ayat 13 Paulus mengatakan “kamu” ialah orang Kristen bukan keturunan Yahudi.

Selanjutnya Paulus mengatakan bahwa kedua etnis itu sekarang tidak hanya memiliki dasar yang sama, yaitu Yesus Kristus, tetapi juga sama-sama berada dalam Kristus, memiliki warisan yang sama dan dimeteraikan dengan Roh Kudus sebagai tanda bahwa mereka adalah sah milik Kristus.

Kini, kita orang-orang Kristen adalah anak-anak pilihan Tuhan, yang sudah mengalami penebusan dosa oleh pengorbanan Kristus. Itu semua adalah anugerah Tuhan kepada kita. Atas anugerah-Nya yang ajaib tersebut pasti mendorong kita untuk bersyukur dan menjadikan hidup kita suatu pujian yang serasi dengan kemuliaan dan anugerah-Nya. Kita semua harus meninggalkan perilaku cemar dan memasuki penyucian yang dilakukan oleh Roh Kudus. Kemudian bergandengan tangan dengan semua umat percaya membawa kasih Kristus yang telah kita terima dan alami kepada orang yang belum mengenal Tuhan, supaya mereka pun dapat dipersatukan dalam karya penebusan-Nya. Itu semua demi pujian bagi kemuliaan Tuhan. Amin.

5. Mandoding Haleluya No. 299:2
Domma ipilih Tuhanta ge hita, lao manaksihon holong-Ni tongtong.
Domma isuruh Tuhanta ge hita, lao mangkatahon Hata-Ni tongtong.
Laho ma hita misir ma hita, mangambilankon Tuhan parholong in.
Ase maluah homa hasomanta, gabe manggoluh bai Tuhanta in.

6. Tonggo Ham Bapa Nami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 28 Januari 2022 — 15:01