IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 31 Januari 2022

1. Mandoding Haleluya No. 5:2
Sai ipindahi Ham do ahu Ham pe huhasiholi do.
Itogu uhurMu uhurhu halani ai hubere do;
Ipilih Ham hinan tonduyhu, ai pe hupilih Ham Tuhanku.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jeremia 32:17
“Ham Tuhan Jahowa! Ham do na manjadihon langit ampa tanoh on, marhitei gogohMu na banggal in ampa marhitei tanganMu na pinagostongMu! Seng dong na so tarbahen Ham.”

“Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya, Engkaulah yang telah menjadikan langit dan bumi dengan kekuatanMu yang besar dan dengan lenganMu yang terentang. Tiada suatu apa pun yang mustahil untukMu!”

4. Renungan
Ada suasana yang sedang tidak nyaman terjadi saat itu di Israel, karena bangsa Babel akan segera membawa semua orang Israel ke pembuangan. Bahkan dalam suasana seperti itu akhirnya orang saling mencurigai, orang saling menyalahkan yang mengakibatkan bangsa itu semakin lemah.

Namun kita membaca bahwa apa yang terjadi itu sesungguhnya ada dalam sepengetahuan Tuhan. Tuhan yang bekerja dalam menghukum bangsa Israel yang sudah tidak setia kepadaNya. Tuhan yang membiarkan bangsa Babel datang mengepung mereka dan akhirnya akan membawa mereka semua sebagai orang buangan. Tidak ada kekuatan manapun yang dapat menghalau rencana Allah, termasuk dari para raja Israel yang adalah bangsa pilihan Allah.

Nabi Yeremia saat itu menerima perintah untuk membeli tanah dan rumah serta ladang, yang akhirnya ia sadari bahwa itu semua adalah perintah Tuhan. Karena itu, Yeremia dalam ayat harian ini mengungkapkan bahwa segala sesuatu memang bisa dilakukan oleh Tuhan. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh Allah. Tanah Israel yang selama ini dikuasai oleh bangsa itu pun bisa diberi kepada siapa pun oleh Allah. Inilah yang diungkapkan oleh Yeremia.

Melalui ayat harian ini kita diingatkan bahwa kita tidak mempunyai kekuatan apapun dibanding dengan kekuatan Tuhan. Sebagai umat Allah kita diminta untuk memberi diri kita kepada Tuhan dan taat kepadaNya agar kita bisa menikmati apa yang ada di dunia ini. Ketika Tuhan marah maka apapun bisa Tuhan lakukan untuk menghukum kita, tetapi ketika Tuhan menyayangi kita maka apapun Tuhan bisa lakukan untuk kebaikan kita. Amin.

5. Mandoding Haleluya No. 138:2
Gogohta seng tabahen in jadi pangajamanta;
Pinilihni Jahowa in hansa pamonang hita.
Ai ise gorannin na jamin monang in
Tuhanta Jesus in, sigomgom ganup in,
na so bulih lang monang.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 30 Januari 2022 — 13:29