IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Sabtu, 5 Februari 2022

1. Mandoding Kidung Jemaat No. 26:1
Mampirlah, dengar doaku, Yesus Penebus.
Orang lain Kauhampiri, jangan jalan t’rus.
Yesus, Tuhan, dengar doaku;
Orang lain Kauhampiri, jangan jalan t’rus.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Galatia 1:1
“Hun bani si Paulus, ai ma apostel, sedo humbani jolma atap marhitei sada jolma, tapi marhitei Jesus Kristus anjaha marhitei Naibata Bapa do, na dob papuhohon-Si humbani na matei.”

“Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati.”

4. Renungan
Kabar baik tentang Yesus mulai diberitakan dan diterima di antara orang-orang bukan Yahudi. Muncul pertanyaan, apakah untuk menjadi seorang Kristen yang sejati, orang harus menaati hukum agama Yahudi. Paulus mengatakan bahwa satu-satunya dasar yang baik untuk kehidupan Kristen adalah percaya kepada Kristus. Dengan kepercayaan itu hubungan manusia dengan Tuhan menjadi baik kembali. Tetapi orang-orang yang menentang Paulus telah datang ke jemaat-jemaat di Galatia, yaitu sebuah provinsi Roma di Asia Kecil. Mereka berpendapat bahwa untuk berbaik kembali dengan Tuhan, orang harus melakukan hukum agama Yahudi.

Untuk menolong orang-orang yang telah disesatkan ajaran-ajaran yang salah itu, rasul Paulus menulis surat kepada jemaat-jemaat di Galatia. Dalam suratnya ia menegaskan bahwa ia berhak disebut rasul Yesus Kristus dan menyebutkan bahwa panggilannya menjadi rasul adalah dari Tuhan, bukan dari manusia. Hal itu berarti bahwa otoritasnya sebagai rasul adalah melalui tindakan Yesus Kristus secara langsung dalam kehidupannya. Dengan demikian Kristus bukan sekedar manusia biasa. Di belakangNya dan yang berkedudukan setara denganNya terdapat Allah Bapa yang telah membangkitkan Yesus Kristus dari antara orang mati. Kristus yang telah bangkit itulah yang menampakkan diri kepada Paulus dan menjadikannya rasul.

Sebagaimana Tuhan telah mengutus Paulus untuk melayani-Nya adalah karena kasih karunia dari Tuhan. Demikianlah orang-orang percaya di jemaat Galatia memperoleh keselamatan, juga merupakan anugerah agung dari Tuhan. Kepada warga gereja dan para pelayan jemaat masa kini menerima panggilan dari Tuhan melalui Yesus Kristus Sang Juruselamat, bukan dari manusia. Sebab itu seharusnyalah kita menaikkan puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas panggilan, pengutusan, maupun karena berkat-berkat yang kita terima dari Tuhan. Amin.

5. Mandoding Haleluya No. 340:2
Huondoskon bani Jesus haganupan goluhkon.
Hutadingkon ganup dousa, huihutkon Tuhan in.
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah, huondoskon ma.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 4 Februari 2022 — 14:26