IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Sabtu, 12 Februari 2022

1. Mandoding Haleluya No. 1:1
Jahowa sihol pujionku, ai Ham do Naibata sitompa au.
Sai suruh Tonduy-Mu hubangku, mangajar au mamuji Goran-Mu.
Marhitei-hitei Jesus Anak-Mu, ase dear dodingku hu-Bamu.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Korint 2:10
“Tapi ipatalar Naibata do ai banta marhitei Tonduy in. Ai haganup do idadap Tonduy in, ronsi na ibagas uhur ni Naibata.”

“Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.”

4. Renungan
Jemaat Tuhan,
rasul Paulus melawan pendewaan kerohanian oleh orang Kristen Korintus pada waktu itu. Karena menjauh dari kehidupan harian Kristen yang diwujudkan dalam hal jasmani. Karena mereka digoda oleh berbagai bentuk hikmat duniawi. Mereka berpendapat bahwa hal rohani lebih tinggi dalam segala hal dari pada yang jasmani. Paulus mengingatkan bahwa “hikmat” demikian yang mendapat ciri duniawi, mengembangkan perpecahan dan persaingan di tengah-tengah kehidupan berjemaat.

Rasul Paulus memberitakan hikmat Tuhan yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Tuhan bagi kemuliaan manusia. Ia lebih lanjut menyatakan bahwa Tuhan menyingkapkan rahasia kepada setiap orang percaya adalah oleh Roh. Sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Tuhan. Rahasia tersebut merujuk kepada karya keselamatan-Nya kepada dunia melalui kedatangan Yesus Kristus, yang mati mewujudkan rahasia tersebut. Namun kebangkitan-Nya membuktikan bahwa maut sudah dikalahkan. Itulah dua hal tersembunyi yang telah disingkapkan-Nya bagi setiap orang percaya oleh Roh Kudus, bukan oleh hikmat dan pengetahuan dari dunia ini. Melalui Roh Kudus, tabir rahasia ini dibukakan kepada mereka yang percaya pada kematian dan kebangkitan-Nya. Tetapi tetap menjadi misteri bagi mereka yang tetap tidak percaya.

Jemaat yang dikasihi Tuhan,
dalam kehidupan saat ini, kita sering mengalami kesulitan dalam memahami rencana Tuhan. Terlebih-lebih di saat mengalami sakit penyakit, ketidakadilan, dukacita, dan penderitaan. Sebab itu, kita jangan mengandalkan hikmat manusia semata, karena justru dapat membutakan mata rohani. Tetapi mari kita mohon pimpinan Roh Kudus, sebab dengan demikianlah kita boleh melihat rencana agung-Nya. Dengan bersandar pada hikmat-Nya, kita akan memperoleh kelegaan dan kekuatan dari-Nya memahami bahwa semua rencana Tuhan baik adanya bagi kita semua orang percaya. Amin.

5. Mandoding Haleluya No. 501:4
Totap ma Tuhan, baen Ham hanai on, sada ampakon Ham.
Sai Ham ma tongtong, Parmahan tongon, manjaga hanai on.
Sai Ham ma tongtong, Parmahan tongon, manjaga hanai on.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 11 Februari 2022 — 15:13