IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Selasa, 15 Februari 2022

1. Mandoding Haleluya No. 446:1
Sisada angkula do hita ganupan, ragam ni pagori do hita tongon.
Na sombuh bayak dos do in bani Tuhan seng dong ilioi isarihon do tong.
Tuhanta do na gabe Hayu anggur, rantingni do hita on hajojor.
Jolom ma Jesus ulang ham pandur, ase tabun marbuah na ramos.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Petrus 4:10
“Marsipadear-dearan ma nasiam marhitei sibere-bere idop ni uhur na jinaloni bei songon sijolom anakkunsi na bujur bani bagei-bagei ni idop ni uhur ni Naibata.”

“Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.”

4. Renungan
Apakah talenta atau karunia yang ada pada kita masing-masing? Apakah di bidang seni atau sport? Atau pembicara, pemimpin, pencinta hewan, ataupun ahli dalam bangunan? Setiap orang pasti memiliki karunia atau talenta dari Allah. Misalnya, ada orang yang sangat ramah dan mudah bergaul serta menyenangkan bagi orang yang bertemu dengannya. Ada juga orang yang bertalenta untuk menjadi pengusaha, guru, musisi, dan lain sebagainya. Talenta dan karunia seperti ini bisa lebih dari sekedar hobi bahkan karir atau pekerjaan sehari-hari. Namun apapun itu, karunia dan talenta yang kita miliki dapat kita gunakan untuk kemuliaan Allah. Dengan memakai talenta yang ada pada kita untuk Allah maka di sanalah kita dapat berperan untuk memasyhurkan kerajaan Allah, menolong sesama, dan membangun lingkungan di sekitar kita menjadi lebih baik.

Temukan dan kenalilah apa karunia dan talenta yang dianugerahkan Tuhan bagimu. Karena dalam Yakobus 1:17 dikatakan, “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” Artinya, setiap karunia yang baik berasal dari Allah dan karunia tersebut diberikan kepada kita secara berbeda-beda, namun semuanya sangat berharga dan dapat dipergunakan bagi Kerajaan Allah. Bisa saja ada yang sudah mengetahui secara jelas apa karunianya, tapi ada juga yang belum secara jelas mengenal apa talenta dan keahlian yang dianugerahkan Allah padanya. Bila belum mengetahuinya maka kita dapat menemukannya dengan jalan berdoa kepada Tuhan, bertanya kepada sesama, meneliti hal yang menjadi ketertarikan kita dan juga melatih diri dalam bidang tersebut.

Di atas semua itu, yang penting adalah kita mau menggunakan karunia kita untuk Tuhan. Dalam nas hari ini kita diminta untuk menjadi orang yang dapat dipercaya (pengurus yang baik) atas karunia yang dianugerahkan Tuhan bagi kita. Itu berarti mempergunakan karunia pemberian Tuhan dengan baik dan berguna bagi Tuhan dan sesama. Pakailah setiap kesempatan dalam hidup untuk melayani Tuhan dengan menggunakan karunia yang diberikan-Nya pada kita setiap hari. Nyata atau tidak begitu nyatapun hasil yang terlihat. Yang penting kita sudah menggunakannya dengan baik sesuai dengan kehendak Tuhan, Sang Pemberi segala karunia yang baik bagi kita. Tuhan menginginkan kita menjadi garam dan terang di tengah-tengah dunia ini. Untuk mewujudkan panggilan tersebut, marilah kita mempergunakan karunia dan talenta kita masing-masing dengan baik demi kemuliaan Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama dan dunia di mana kita berada. “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Mat. 5:16). Amin.

5. Mandoding Haleluya No. 348:1+3
Sauhur sapanriah ma, ganup kuria in.
Marhasadaon na dear, ibagas Tuhan in.
Riap ma hita haganup, mamuji Tuhan rup.
Mardamei marsiurupan, marsihaholongan.

Ipasu-pasu Tuhan in ganupan hita on,
ase pongkut ma uhurmu marhorja pe ringgas.
Patoruh uhurmu homa bai Tuhan Naibata,
totap bani hata-Ni da, ibagas holong in.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 14 Februari 2022 — 16:32