IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 28 Februari 2022

1. Mandoding Haleluya No. 328:1
Jesus Tuhanku simada au on, na patorsahon ganup goluhkon.
‘Ge pe roh munsuh manosak au on, Ham batar-batarhin.
Ham batu gingging tongon, Parlingodanku na sai toguh.
Togu au hundalan na golap in, das hubai na lihar.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 65:17
“Tongon, tonggor ma, Ahu manompa langit na baru pakon tanoh na baru, anjaha seng be ingaton na parlobei in, barang puho ibagas uhur.”

“Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.”

4. Renungan
Perjalanan umat Israel yang terbuang ke Babel tentu ada akhirnya, karena memang Tuhan tidak menginginkan bangsa itu berubah menjadi bagian dari bangsa Babel. Mereka tetap umat Allah, meskipun karena dosanya telah membuat mereka dihukum Allah dengan membuang mereka ke Babel. Tapi status mereka tetaplah sebagai umat pilihan. Tuhan sudah menjanjikan bahwa mereka akan kembali ke Yerusalem dan akan kembali menjalani hidup mereka sebagai umat pilihan Allah. Tentu hal ini adalah berita sukacita atau kabar baik bagi umat Allah.

Nabi Yesaya secara jelas menyebutkan bahwa Tuhan saja yang bertindak untuk memulihkan bangsa Israel. Kuasa Allah yang akan mengangkat bangsa itu menjadi bangsa yang utuh dan pulih setelah mereka menjalani masa pembuangan. Tuhan menginginkan agar mereka yang sudah pulih itu betul-betul pulih sempurna, sehingga Tuhan menyiapkan suasana yang baru dengan memakai istilah langit dan bumi yang baru.

Langit dan bumi yang baru dijanjikan Tuhan kepada bangsa Israel dengan tujuan agar tidak ada lagi kehidupan umat Allah yang mengulangi kesalahan yang pernah mereka lakukan. Mereka tidak lagi melihat ke belakang tetapi berjalan menuju ke depan yang Tuhan sudah siapkan. Hal inilah yang sangat diperlukan. Kehidupan yang baru diberikan Tuhan agar umat Allah hidup sebagaimana yang Tuhan inginkan.

Kita juga ikut menerima janji Tuhan itu. Janji ini akan menguatkan kita untuk menjalani hidup kita yang mungkin penuh dengan tantangan saat ini. Tetapi kita harus mengingat bahwa Tuhan menyediakan kehidupan yang baru dan sempurna bagi kita, ketika kita setia dan tetap berharap padaNya. Amin.

5. Mandoding Haleluya No. 266:2
Ai tarontang au hu surga ibaen Jesuskin.
Anggo sonto au mardalan na bajan ma in.
Anggo na tarabat in magou do sortalinin;
Hutadingkon, hutundalhon na i pudingkin.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 27 Februari 2022 — 16:23