IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 7 Maret 2022

1. Mandoding Haleluya No. 237:1
Roh ham bai Jesus, roh ham botul, tangar hataNi jalo bujur.
Na roh do Jesus pagoluh ham, asal porsaya ham.
Malas do uhurta in use, ai borsih humbani dousa pe.
Sai roh ma hita hu surga in, ai sonang do ijin.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Jeremia 4:14
“Burihi ma uhurmu humbani hajahaton, ale Jerusalem, ase maluah ho. Piga dokah nari marianan pingkiranmu, na jahat in ibagas uhurmu?”

“Bersihkanlah hatimu dari kejahatan, hai Yerusalem, supaya engkau diselamatkan! Berapa lama lagi tinggal di dalam hatimu rancangan-rancangan kedurjanaanmu?”

 

4. Renungan
Jika seseorang berbuat kejahatan maka ia harus mempersiapkan dirinya untuk menerima hukuman. Kejahatan tidak akan membuahkan yang baik dalam hidup ini. Itu sebabnya Tuhan juga selalu mengingatkan agar orang percaya menjauhi kejahatan.

Jika kita membaca apa yang terjadi pada umat Allah dalam kitab Yeremia ini, maka kita akan menemukan bahwa orang Israel yang dikenal sebagai bangsa pilihan Tuhan juga jatuh ke dalam dosa karena mereka melakukan kejahatan. Tuhan tidak menginginkan hal itu terjadi, namun karena mereka tidak berbalik dari kejahatan, maka Tuhan menghukum mereka.

Diingatkan melalui bacaan hari ini bahwa keselamatan hanya akan kita terima ketika kita bertobat, berpaling dari yang jahat, dan memberi diri kepada Tuhan. Kita tidak lagi memberi hati dan pikiran kita terhadap hal-hal yang jahat. Kita memberi diri kita untuk diperbaharui Tuhan, sehingga kita memperoleh keselamatan.

Tuhan sungguh ingin agar hati kita diisi dengan segala rancangan kebaikan. Kita memberi hati kita kepada kehendak Tuhan, sehingga ketika hati kita dikuasai oleh kehendak Tuhan maka seluruh hidup kita akan melakukan apa yang Tuhan inginkan. Hati kita adalah mewakili seluruh keberadaan kita. Ketika hati kita merasa tersakiti maka kita akan marah, atau ketika hati kita menjadi sedih maka tubuh kita akan mengalami kesedihan juga.

Di masa peringatan tentang penderitaan Tuhan Yesus maka saatnya kita menyatakan bahwa hati kita hanya diisi oleh kebaikan yang dari Tuhan, sehingga kita mampu melihat dengan baik pengorbanan Tuhan Yesus sebagai jalan untuk keselamatan kita. Biarlah kita mengarahkan hati dan hidup kita kepada keselamatan yang dari Tuhan. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 266:1
Sai hutuju hagoluhan na pasonang au.
Hugogohi lao hu surga, ronsi ondos au.
Abat husimbili do, hata on hudingat do:
Sai nunuti mangindahi, hasonangan in.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 6 Maret 2022 — 15:43