IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 14 Maret 2022

1. Mandoding Haleluya No. 303:1
Na pansing, na pansing Tuhan parkuasa.
Ari on hanami mamuji Naibata.
Na pansing, na pansing janah marjumbalang.
Sitolu sada na sangap tumang.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Psalmen 107:3+8
“Na pinahumpulNi humbani sagala nagori, hun hapoltakan pakon hun hasundutan, hun utara pakon hun dangsina. Ningon pujion ni sidea do Jahowa, halani idop ni uhurNi ampa halongangan na binahenNi bani anak ni jolma.”

 

“Yang dikumpulkanNya dari negeri-negeri, dari timur dan dari barat, dari utara dan dari selatan. Biarlah mereka bersyukur kepada Tuhan karena kasih setiaNya, karena perbuatan-perbuatanNya yang ajaib terhadap anak-anak manusia.”

 

4. Renungan
Kebaikan Tuhan sesungguhnya tidak terbatas baik atas tempat maupun waktu dan juga bangsa. Tuhan ingin agar semua orang diselamatkan meskipun pada kenyataannya tidak semua orang ikut diselamatkan. Fakta itu bukan mau mengatakan bahwa Allah tidak mengasihi semua orang tetapi tidak semua orang memberi diri untuk diselamatkan.

Ketika Allah memberi firmanNya dalam bentuk ajaran dan aturan, maka kita membaca bahwa orang Israel tidak semua menjalankannya. Hal ini membuat Allah menghukum mereka dengan membuang ke Babel. Tetapi bukan berarti Allah tidak akan menyelamatkan mereka. Allah tetap bekerja bahkan memanggil mereka kembali ke tanah yang sudah diberikan kepada Abraham. Dan dalam firman hari ini disebutkan kembali bahwa dari mana saja Allah akan mengumpulkan mereka.

Pemazmur selalu menekankan bahwa Allah itu baik dan kasih setianya tidak berkesudahan. Allah selalu merindukan agar umatNya hidup dalam sukacita bersama dengan Dia dan menjalankan firmanNya. Kebaikan Tuhan itulah yang selalu memanggil dan mengumpulkan semua orang untuk hidup dalam kasih karuniaNya, termasuk kita pada saat ini. Panggilan itu tetap berlaku kepada kita di manapun kita berada.

Sebagai umat yang sudah melihat karya Tuhan yang menyelamatkan dan memberi apa yang kita butuhkan, maka selayaknya kita mengucap syukur kepadaNya. Kita merasakan dan mengalami perbuatannya yang luar biasa dalam hidup ini, sehingga memang kita yang dipanggil dan dikumpulkanNya yang harus berterima kasih dan mengucap syukur melalui perkataan dan kehidupan kita. Terpujilah Tuhan. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 248:5
Tarima kasih ma uhurhu, Bamu na manondangi au.
Hupuji Ham ale Tuhanku, itodoh Ham hapeni au.
Megah ma tonduyhin nuan dob hutandai Ham.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 13 Maret 2022 — 16:04