IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 28 Maret 2022

1. Mandoding Haleluya No. 201:1
Puji tongtong Jahowa tongon
pardear gabei parholong atei sadokahni in,
pardear gabei in parholong atei in.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Sakaria 4:10
“Ai barang ise na mapas bani ari pamungkah na etek ai, maningon marolob-olob sidea mangidah batu parsuhi, na ibagas tangan ni si Serubabel. Ia na pitu ai, aima Tonduy ni Jahowa, ai ma maniar ganup tanoh on.”

 

“Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil, mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel. Yang tujuh ini adalah mata TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi.”

 

4. Renungan
Allah memberi penglihatan kepada nabi Zakharia tentang apa yang akan terjadi kepada bangsa Yehuda yang terbuang ke Babel. Tentu melalui penglihat itu Tuhan menginginkan agar umat itu melihat kuasa Tuhan dan menjawab seruan untuk bertobat, sebab Allah akan memulangkan mereka ke Yerusalem. Ada delapan penglihatan yang Tuhan berikan kepada Zakharia yang mempunyai artinya masing-masing.

 

Ayat harian ini merupakan bagian dari penglihatan yang kelima: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun. Tempat minyaknya ada di bagian atas dan terdapat tujuh pelita di bagian atasnya. Penglihatan ini menggambarkan atau menjadi simbol tentang kuasa Tuhan yang luar biasa yang akan mengubah segala sesuatu, yaitu kuasa Roh Tuhan. Tuhan dapat memakai siapapun untuk menunjukkan kuasaNya.

 

Kepada Zerubabel diberikan kuasa untuk memperbaiki keadaan bangsa Yehuda, dan di tangannya ada batu utama atau bandul yang akan menentukan pembangunan satu bangunan. Hal yang kecil itu atau yang sangat simpel itu tidak dapat dipandang remeh atau dipandang hina, karena ternyata yang kecil atau yang sederhana itu dapat menentukan keutuhan atau kekuatan yang akan datang. Dan hal ini dilihat oleh mata Tuhan dan mereka bersukaria dengan batu yang di tangan Zerubabel itu.

 

Ayat ini mengingatkan kita untuk tetap menyadari bahwa hal sederhana atau kecil, jika itu dari Tuhan maka ia akan membawa sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan kita, yaitu pembaharuan dan keselamatan. Karena itu mari kita tetap berharap bahwa Tuhan akan terus berkarya dengan caraNya untuk membaharui kehidupan kita. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 233:1+7
Ia bah santektek, na otik do in,
anggo sai manektek, sai sirnip do in.

 

Dihut ipabongkot ham hu surga in,
sonang ham marolob sadokahni in.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 27 Maret 2022 — 15:33