Edukasi dan Penyuluhan Asistensi Pengisian SPT Tahunan

PEMATANGSIANTAR. GKPS.OR.ID. “Masyarakat harus taat membayar pajak karena pajak penting untuk dana membangun negara yang ujungnya untuk peningkatan kesejahteraan. Semoga kepatuhan dan kesadaran ini terus berkembang di negara kita. Saya lihat di jalan-jalan ada tulisan orang bijak bayar pajak. Semoga kita dituntun semua menjadi orang yang bijak”, himbau Presiden Joko Widodo pada saat acara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak 2011, pada Senin (19/3/2012), di Aula Mezzanine, Gedung Djuanda, kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta.

 

Kewajiban membayar pajak semisal melaporkan pajak tahunan atau SPT merupakan bagian dari sumbangsih masyarakat dalam pembangunan bangsa. Membayar pajak untuk keberlanjutan pembangunan merupakan ikhtiar dari bela negara. Dengan keuangan negara yang kuat maka pertumbuhan ekonomi sebagai sesuatu yang diharapkan mampu memberikan multi flyer effect terhadap kesinambungan pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

 

Dalam rangka keikutsertaan Gereja berpartisipasi membangun negara melalui sektor pajak, maka pada Kamis (24/3) pagi lalu, bertempat di Balai Harungguan Kantor Sinode GKPS, Jl. Pdt. J. Wismar Saragih, Pematangsiantar, Pimpinan Sinode GKPS melalui Biro Keuangan mengadakan kerjasama dengan Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara II dalam kegiatan edukasi dan penyuluhan perpajakan asistensi pengisian SPT Tahunan. Edukasi dan penyuluhan ini diikuti oleh Pendeta dan Pegawai GKPS yang bertugas di kantor sinode secara onsite, dan yang bertugas di resort secara online.

 

Krisman Purba dari Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara II mengapresiasi langkah GKPS yang untuk kedua kalinya memfasilitasi edukasi dan penyuluhan kepada para Pendeta, Penginjil dan Pegawainya.

 

“Kami berterimakasih kepada Pimpinan Sinode GKPS yang menginisiasi kegiatan edukasi dan penyuluhan ini. Setahu saya, ini kali kedua kami datang ke kantor sinode GKPS untuk mengedukasi dan melakukan penyuluhan pajak, dan kami menyambut baik kerjasama ini sebab ini merupakan bentuk kongkrit dukungan GKPS terhadap pembangunan negara kita” terang Krisman.

 

Ditambahkannya, dengan membayar pajak maka kita mendukung program pemerintah dan merasakan fungsi dan manfaatnya.

 

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pendapatan terbesar negara berasal dari pajak, dan dengan ketaatan dari setiap warga negara membayar pajak maka fungsi dan manfaatnya juga akan dirasakan oleh seluruh warga negara. Misalnya saja program vaksinasi 1, 2, dan 3 (booster) Covid-19 gratis yang sudah dan sedang berjalan”, terang Krisman.

 

Pada kesempatan itu, Julia Sidauruk dari Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara II menyampaikan informasi pengisian SPT dan pendaftaran NPWP baru kepada para peserta, yang dilakukan secara online, dengan masuk ke situs web https://djponline.pajak.go.id/. Para peserta pun cukup antusias mengikuti arahan yang disampaikan.

 

Pada akhir kegiatan ini, Kepala Biro Keuangan GKPS Pdt. Liharson Sigiro menyampaikan terima kasih kepada kantor wilayah DJP Sumatera Utara II yang menyambut baik kerjasama dalam hal edukasi dan penyuluhan kepada seluruh pegawai GKPS. Ia berpesan agar pada tahun depan kegiatan yang sama dapat dilakukan kembali di kantor Sinode GKPS. (bgs/hks)

 

Updated: 30 Maret 2022 — 08:23