IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Sabtu, 9 April 2022

1. Mandoding Kidung Jemaat No. 8:1
Bagi-Mu, Tuhan, nyanyianku, kar’na setara-Mu siapakah?
Hendak ku puji Kau selalu; padaku Roh Kudus b’rikanlah,
supaya dalam Kristus, Putra-Mu, kidungku berkenan kepada-Mu.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: 1 Timoteus 1:5
“Ia tujuan ni titah in, in ma holong na roh humbani uhur na borsih ampa panggora ni uhur na madear ampa haporsayaon na pitah.”

 

“Tujuan nasihat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas.”

 

4. Renungan
Jemaat Tuhan,
Timotius masih muda, belum berpengalaman, peragu dan mempunyai masalah kesehatan. Inilah alasan rasul Paulus merasa perlu untuk terus membina Timotius. Walaupun penerima surat ini adalah Timotius, tetapi fokusnya bukan hanya menyangkut diri Timotius, melainkan tentang tugas penggembalaan dan pelayanan gerejawi. Ia sadar bahwa dengan membina dan menumbuhkan Timotius, secara tidak langsung, ia membina dan mengembangkan para anggota jemaat di Efesus. Dalam konteks rasul Paulus, upaya penggembalaan dilakukan melalui surat. Saat ini pemakaian surat mulai tergeser oleh panggilan telepon, e-mail, pesan Whatsapp, serta video conference dengan zoom.

 

Di tengah-tengah jemaat Efesus, Paulus masih menemukan di antara orang yang mengaku percaya, hati nuraninya masih dicengkeram oleh dosa. Ada ajaran yang lain, yakni takhyul dan tradisi. Mereka hanya memajukan spekulasi tetapi bukan “tindakan” dalam iman. Kenyataan ini membuat rasul Paulus mendesak Timotius supaya tinggal di Efesus dan menasehatkan mereka dengan menunjukkan iman yang aktif, cinta yang praktis, yang hanya muncul dari apa yang murni, baik dan jujur. Ajaran tersebut menuntut jawaban yang nyata dalam ketulusan hati dan kemauan baik yang aktif. Iman yang bukan pura-pura yang menjadi asas, yang menimbulkan kegembiraan dari hati yang suci.

 

Jemaat Tuhan,
apakah hati nurani Anda tetap suci, murni dan melimpah dalam kasih tulus ikhlas? Apakah hatimu berpaut pada ajaran Tuhan Yesus Kristus dan tidak menyimpang dari ajaran tersebut? Atas belas kasih Allah, milikilah hati nurani suci, murni, iman yang tulus ikhlas dan kasih kepada Tuhan dan sesama. Bila ada anggota jemaat yang menyimpang dari ajaran Tuhan Yesus Kristus, doakan, nasehati melalui hidup yang penuh dalam kasih dan iman yang tulus ikhlas, sehingga kita semua umat-Nya hidup dalam kebenaran Injil Kristus. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 107:1
Irikkon nasiam ma Au, sonai nini Tuhanta.
Sai parnalang ma dirimu, Hatang-Ku malah harga.
Sai mambur bahenlah ganup, parlahoumin na so talup.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 8 April 2022 — 23:01